DEVELOPMENT OF INTEGRATED CHARACTER EDUCATION MODELS IN PAI LEARNING AT UNIVERSITY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi. Karakter-karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran PAI dalam penelitian ini mengacu kepada karakter-karakter yang dibutuhkan di abad ke-21. Seorang mahasiswa yang berkarakter akan mampu berperan serta secara positif baik sebagai pribadi, sebagai anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara, maupun warga dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian R&D dari Borg & Gall. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan skala sikap. Teknik analisis data kualitatif merujuk pada tiga langkah dari Miles & Huberman. Sementara teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian dilakukan di beberapa jurusan di Universitas Negeri Medan pada semester genab Tahun Akademik 2018-2019. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran PAI dalam penelitian ini efektif mengembangkan karakter mahasiswa terutama karakter kreatif, kerja keras dan mandiri, serta efektif mengembangkan keterampilan berkreativitas Islami dan berdakwah virtual.
Kata Kunci: Pengembangan Model; Pendidikan Karakter; Pembelajaran PAI.
Abstract
This study aims to develop an integrated character education model in Islamic Education learning in tertiary institutions. The characters integrated in Islamic Education learning in this study refer to the characters needed in the 21st century. A student with character will be able to participate positively both as individuals, as family members, members of society, citizens, and citizens of the world. This study used a qualitative and quantitative approach with the R&D research method from Borg & Gall. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires and attitude scales. Qualitative data analysis techniques refer to the three steps of Miles & Huberman. Meanwhile, the quantitative data analysis technique used the Wilcoxon test. Research was conducted in several departments at Medan State University in the even semester of the 2018-2019 Academic Year. This study resulted in the finding that the integrated character education model in Islamic Islamic education in this study was effective in developing student character, especially creative character, hard work and independence, and was effective in developing Islamic creativity and virtual da'wah skills.
Keywords: Model Development; Character building; PAI learning.
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R. & Gall, M. (1989). Educational Research: An Introduction. (edisi keempat). New York: Longman.
Branson, M.S. (1998). The Role of Civic Education. Calabasas: Center for Civic Education.
Budimansyah, D. (2014). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
Buol, R. A. (2018). DATA: Indonesia Peringkat Kelima Pengguna Internet Dunia.
Chaplin, C.P. (1989). Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah: Kartini Kartono. Jakarta: CV. Rajawali.
Dulwahab, Encep. (2010). Dakwah di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Dakwah, 5 (16), 19-34.
Firdausnetpreneur., (2018). Inilah Data Pengguna Internet di Indonesia 2018, 49% Penggila Medsos.
Giddens, Anthony. (1990). The Consequences of Modernity. California: Stanford University Press.
Ginnis, Paul. (2008). Trik & taktik mengajar. Strategi meningkatkan pencapaian pengajaran di kelas. Jakarta: Indeks.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantams Books.
Lickona, T. (2004). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schusters, Inc.
Miles, M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Mulyana, Rohmat. (2013). Model pembelajaran nilai melalui pendidikan agama Islam. Jakarta: Saadah Pustaka Mandiri.
Nurudin. (2007), ‘Merumuskan strategi pembelajaran nilai (keagamaan) dalam pendidikan Islam’, Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, vol. 5, no. 1, pp. 55-73.
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sholihin, B., (2018). Indonesia digital landscape 2018. Retrieved from https://www.slideshare.net/rumahide/indonesia-digital-landscape-2018.
Syahidin, dkk. (2009). Moral dan Kognisi Islam. Bandung: CV ALFABETA.
Tan, Charlene. (2011). Islamic Education and Indoctrination. New York: Routledge.
Yousif, Ahmad F. (2001). Information Technology in The 21st Century: An Islamic Perspective. International Conference on Information Systems and Islam. Malaysia: IIUM.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.