MANAGEMENT OF FIQH LEARNING IN SCHOOL AN MADRASAH FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER

Firman Mansir

Abstract


The aim of this study examines the importance of Islamic Religious Education (PAI) teachers in managing classroom learning, especially fiqh learning in schools and madrasah. Research method used is literature study. Method of literature study is method of collecting some data obtained through notes, works, or pictures. Thus, discussion or data obtained are the result of exploration from several relevant reading sources. This is an effort, action and method taken by Islamic Religious Education teachers in realizing dynamic and interesting fiqh learning. The management of fiqh learning is very important. Thus, there are no mistakes in understanding fiqh materials which are full of Ulama/theologians’ thoughts, views of mazhab and good and correct worship procedures. Therefore, a fiqh learning approach in schools and madrasa needs to be present using a contextual approach that relates to the context of daily life. One way to make this happen was by using various methods, such as lecture method, the question and answer method, the based method, the recitation method and the drill method. The results explain that the management of fiqh learning in schools and madrasahs consists of lesson planning, learning implementation and learning evaluation.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pentingnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatur sebuah pembelajaran di kelas khususnya pembelajaran fiqh di sekolah dan Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, metode ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui catatan, karya atau gambar, dengan begitu pembahasan atau data yang diperoleh merupakan hasil eksplorasi dari beberapa sumber bacaan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai usaha, tindakan serta cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran fiqh yang dinamis, menarik dan tidak membosankan. Manajemen pembelajaran fiqh sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami materi-materi fiqh yang sarat dengan pemikiran-pemikiran ulama, perbedaan pandangan mazhab serta tata cara ibadah yang baik dan benar. Karena itu, sebuah pendekatan pembelajaran fiqh disekolah dan madrasah perlu hadir dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang mengaitkan pada konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu cara mewujudkan hal di atas dengan menggunakan berbagai metode, yang terdiri dari metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode resitasi dan metode drill. Hasilnya kemudian menjelaskan bahwa manajemen pembelajaran fiqh yang ada di sekolah dan madrasah terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.



Keywords


Fiqh Learning; Madrasah; Islamic Religious Education.

Full Text:

PDF

References


A. Tabrani Rusyan, d.,1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: jaRosdakarya.

Abd basid, M. I.,2019. Analisis Problematika Tantangan Madrasah Sebagai Tipologi Lembaga Pendidikan Islam dan Solusi Dalam Mengahdapi Era Globalisasi. Ta'limuna, 21.

Barnawi, d. A., 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Gustini, 2017. Manajemen Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. 2(1).

Hamidi, R. 2015. Epistemologi Islam: Telaah bidang Fiqih dan Ushul Fiqih. Jurnal Pengembangan Epistemologi Ilmu Hukum, 446.

Hidayat, N. 2015. Peran Dan tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-tarbawi, 140.

Indra, H. 2016. Pendidikan Islam Tantangan dan Peluang di Era Globalisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, N. 2015. Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok.

Istiqomah, L. 2017. Manajemen Pembelajaran Fiqih Pada Kelas Unggulan Di Smp Mta Gemolong Sragen Tahun 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.1–124.

Mansir, F., Tumin, T., & Purnomo, H. (2020). Role Playing Learning Method in The Subject of Aqidah Akhlak at Madrasa. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 191-201.

Mansir, F., Tumin, T., & Purnomo, H. (2020). The Use of Active Learning Methods In Learning Fiqh Subjectat Islamic Boarding School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(1), 173-182.

Mansir, F. 2017. Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Islam ( Studi Pada Umi Dan Uin Alauddin Makassar ). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Nikmah, H. 2011. Metode Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Karangturi Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto

Noviyanti, R, 2019. Implementasi Manajemen Kelas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Way Kanan.

Ps, H. S, 2018. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization. 71–83.

Suriadi, 2017. Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Fiqih (Studi Di Min Sekuduk, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas) Informasi. 3(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats