STUDENT PROBLEMS IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN MAN CURUP: ANALYSIS OF THE TYPES, NUMBERS, AND TEACHER'S EFFORTS IN ALLEVIATE IT

Sutarto Sutarto

Abstract


The present study aimed to reveal the types and numbers of problems as well as teachers’ coping efforts to help students solve their problems in Islamic education learning. This study applied a mixed method deploying a transformative congruent strategy. The population referred to 102 social science students of grade XI at MAN Curup. They were all involved as the samples at once. Subsequently, 4 Islamic education teachers and 3 supervising teachers were incorporated as the informants. The techniques of data collection deployed questionnaires in the form of a problem disclosure instrument called AUM PTSDL and structured interviews. This study uncovered that the types of learning problems experienced by students extended to those associated with prerequisites for the mastery of learning materials (P), learning skills (T), learning facilities (S), personality (D), and learning environments and socio-emotional aspects (L). The average number of problems per student was 50.67. The most problems experienced by students were those of learning skills (T) with the average of 23.6 per student. Subsequently, the least problems were those of learning facilities (S) with the average of 3.7 per student. The coping efforts the teachers made were by means of remedial activities and the provision of counseling guidance services by supervising teachers.

 

Keywords: Types of learning problems; the number of learning problems; Islamic religious education

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis, jumlah dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengentaskan masalah belejar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Islam.  Penelitian ini menggunakan mtode mixed methods dengan strategi transformatif konkuren. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IPS kelas XI MAN Curup yang berjumlah 102 orang dan sekali gus menjadi sampel penelitian. Informen penelitian terdiri dari guru yang mengajar Pendidikan Islam yang berjumlah 4 orang dan guru pembimbing berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner berupa Alat Ungkap Masalah PTSDL dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis masalah belajar yang dialami oleh siswa terdiri dari masalah berkaitan dengan Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran (P), Keterampilan Belajar (T), Sarana Belajar (S), Diri Pribadi (D), dan lingkungan Belajar dan Sosio Emosional (L). Jumlah masalah belajar yang dialami siswa rata-rata sebesar 50.67. Masalah yang paling banyak dialami oleh siswa adalah aspek keterampilan belajar (T) dengan rata-rata sebesar 23.6 dan terendah pada aspek sarana belajar (S) dengan rata-rata 3.7 per siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk membantu mengentaskan masalah belajar siswa adalah melalui kegiatan remedial dan pemberian layanan bimbingan konseling oleh guru pembimbing.

 

Kata Kunci : Jenis masalah belajar; jumlah masalah belajar; pendidikan agama Islam



Full Text:

PDF

References


Anggoro, Y., & Suyitno, S. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Praktik Industri Dan Minat Wirausaha Dengan Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Temon. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(2), 119–122.

Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh gaya belajar david kolb (diverger, assimilator, converger, accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16.

Balqis, P., Abd, D., & Husen, M. (2019). Pelaksanaan Remedial oleh Guru Bidang Studi pada SMA Negeri Kota Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2), Article 2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/9273

Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). KONSELING EDUKASI" Journal of Guidance and Counseling", 4(1).

Budianto, E. S., Aspin, A., & Jahada, J. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 02 Kendari). Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan Dan Konseling), 2(1).

Buulolo, S. (n.d.). Masalah Pembelajaran Dan Pemecahannya.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Craswell, J. (1994). Resarch Design: Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications.

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Ketrampilan Belajar Matematika di SMK. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2–7. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30–43.

Degeng, N. S. (2017). Revolusi Mental Dalam Belajar dan Pembelajaran. Kapita Selekta Karya Ilmiah Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dewi, V. A., Kurniasih, D., & Fitriani, F. (2017). Pengaruh Remedial Teaching Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sanggau. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29406/arz.v5i1.659

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.

Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1).

Hanum, M., Prayitno, P., & Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Konselor, 4(3), 162-168.

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37–43.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Hayati, I. R., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar antara Siswa IPA dan IPS. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.250

Hidayah, L. (2017). Pengaruh penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya [PhD Thesis]. IAIN Palangka Raya.

Hornby, S. A. (2015). Oxford Advanced Learner’s Distionary of Current English. Oxford University Press.

Jazimi, I. (2020). Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya. ECIE, 1(01), 43–54.

Khairiyah, N., Suyuti, S., & Iskandar, I. (2019). Analisis Kegiatan Remedial pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Palu. Nosarara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(1), Article 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara/article/view/14378

Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang Dan Interaksi Antar Ruang dengan Metode Time Token pada Siswa Kelas VII. A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1).

Lesiololo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. FOUNDASIA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa itu Belajar? helper: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.

Maisaroh, D., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 139261.

Murni, S., Rogamelia, R., & Diswantika, N. (2016). Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Remedial Teaching di SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 38–40.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Nasution, H. M. F. (2016). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/jip.v8i1.524

Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53

Nur, H. (2020). Peran Layanan Bimbingan Belajar dalam Perkembangan Anak di KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto.

Nurlaili, F., Hartika, N., & Handayani, T. S. (2020). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 187–203. https://doi.org/10.47080/progress.v3i2.941

Paembong, D. D. (2019). Mengatasi Masalah Belajar Murid pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan di Kelas IV SDN 123 Kaero Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 127–140.

Pahliwandari, R. (2017). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 154–164.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Parwata, K. Y. L., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, dan Guru terhadap Masalah Belajar Anak Superior. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 1-11.

Prayitno, Amti. E. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Renika Cipta.

Prayitno, dkk. (2008). Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL Seri 2 Untuk Sekolah Menegah Atas. UNP Prss.

S Sugiarto, R Suhendra. (2018). Pendampingan Terhadap Guru Sekolah Menengah Pertama Mengidentifikasi Masalah Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan, 2.2 : 12-18.

Sari, E. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di sma [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1).

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B. Alfabeta.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18.

Swadharma, K. G., Hadiwinarto, H., & Afriyati, V. (2018). Profil Perilaku Mencari Bantuan Akademik (Academic Help Seeking) ditinjau dari Masalah Belajar dan Gender pada Siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 36–49.

Syafni, E., Syukur, Y., & Ibrahim, I. (2013). Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Konselor, 2(2).

Teken, D. (2019). Mengatasi Masalah Belajar Murid pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) di Kelas V SDN 239 INP Rembon Kabupaten Tana Toraja. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 1(3), 15–28.

Ulia, N., Jupriyanto, J., & Hariyono, M. (2020). Pendampingan Kelompok Siswa Remedial Melalui Klinik Cerdas Diagnostik Berbasis Collaborative Learning. Publikasi Pendidikan, 10(1), 37. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11013

Widyaningrum, D. A., Priyoto, P., & Anjarini, A. D. (2020). Upaya Peningkatan Perkembangan Mental Anak Melalui Terapi Kelompok Terapeutik Pada Siswa SDN 3 Sukowinangun Magetan. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 295–299.

Wijayanti, W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Belajar Siswa SMK Dengan Layanan Bimbingan Teknik Problem-Based Introduction. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 115-124.

WS. Winkel. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Grasindo.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & S, N. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18–23. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00

Zubaidah, S. (n.d.). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 17.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats