CONCEPTUAL MODEL OF INTERNALIZATION OF RELIGIOUS ETHICAL VALUE IN EDUCATION PERSPECTIVE ISLAMIC CHARACTERS

Nadri Taja, Encep Syarief Nurdin, Aceng Kosasih, Edi Suresman

Abstract


This study aims to find the concept of religious ethical values in the perspective of Islamic character education. The research method used is library research (literature study) in which the researcher conducts a review of the theories that come from books or journals that are relevant to the topic under study. The result of this research is a conceptual model of internalization of religious ethical values which is built on three concepts, namely first, tafhim (understanding) aims to know about knowledge; second, tazkiyatun nafs (purifying the soul) aims to want to improve itself through the process of takhalli (cleansing the soul) from sin and tahalli (beautifying oneself) with pious deeds; third, tahdzib (nurturing the soul) aims to be able to do good through mujahada, namely consistent sincerity in truth and riyadhah, namely training oneself to be always busy doing good deeds and leaving bad deeds. Thus, educational activities do not only focus on the transfer of knowledge, but also the transfer of value. Because education is not just about teaching reason alone. But more than that, education must be able to form a good character.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep nilai etis religius dalam perspektif pendidikan karakter islami. Metode penelitian yang digunakan bersifat library research (studi kepustakaan) yang mana peneliti melakukan penelaahan terhadap teori-teori yang bersumber dari buku-buku atau jurnal yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah konseptual model internaliasasi nilai etis religius yang dibangun pada tiga konsep, yakni pertama, tafhim (memahami) bertujuan untuk tahu tentang pengetahuan; kedua, tazkiyatun nafs (menyucikan jiwa) bertujuan untuk mau memperbaiki diri melalui proses takhalli (membersihkan jiwa) dari perbuatan dosa dan tahalli (memperindah diri) dengan amal soleh; ketiga, tahdzib (memelihara jiwa) bertujuan untuk mampu berbuat kebaikan melalui mujahadah yakni kesungguhan konsisten dalam kebenaran dan riyadhah yakni melatih diri senantiasa sibuk melakukan perbuatan baik dan mengginggalkan perbuatan buruk. Dengan demikian, kegiatan pendidikan tidak hanya fokus pada transfer of knowledge saja, melainkan juga transfer of value. Karena pendidikan bukan sekadar membelajarkan akal semata. Akan tetapi lebih dari itu, pendidikan harus mampu membentuk karakter yang baik (good character).    


Keywords


Values of Religious Ethics; Education; Islamic Character

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, D. (2005). Israf dan Tabdzir: Konsepsi Etika-Religius dalam Al-Qur`an dan Perspektif Matrealisme-Konsumerisme. Mimbar, 21(1), 65–80. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i1.164

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Arifin, S. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Tadarus, 5(1), 50–67.

Arifin, Z. (2014). Nilai Pendidikan Humanis-Religius. An-Nuha, 1(2), 54–80.

Asyafah, A. (2010). Pengembangan Metode Tadabur Qurani dalam Pembelajaran Agama Islam untuk Meningkatkan Keimanan (Studi pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2009/2010). Universitas Pendidikan Indonesia.

Fermadi, B. (2018). Humanisme Sebagai Dasar Pembentukan Etika Religius; Dalam Perspektif Ibnu Athā’Illah Al-Sakandarī. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 72. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.71

Hasbi, M. (2018). Konsep Jiwa dan Pengaruhnya dalam Kepribadian Manusia (Studi atas Tafsi>r al-Mishba>h Karya Quraish Shihab). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 17(1), 45. https://doi.org/10.14421/qh.2016.1701-03

Hendra, dkk. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Education in Underdeveloped Schools, 11(1), 84–94.

Irawan, I., & Hermawan, D. (2019). Konseptual Model Pendidikan Demokratis Perspektif Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 626–631. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i2.5254

Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1–20.

Izutsu, T. (1993). Konsep-Konsep Etika Religius dalam Qur`an. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Johansyah. (2011). Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Islam Ilmiah Futura, 11(1), 85–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63

Kuswandi. (2013). Pendekatan Penelitian Dalam Pendidikan Karakter Islami. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3). Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/34

Latif, N. (2016). Etika religius sebagai dasar pengembangan sains (Konstruksi pemikiran etika Ismā’il Rāji al-Fārūqī). Proceeding of International Conference On Islamic Epistemology, 194–200. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8069/22.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mamlu’ah, A. (2016). Implementasi Pendidikan karakter Dalam Pembelajaran PAI. Al-Ulya, 1(1), 123–137. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/ulya.v1i1.44

Masyuri. (2012). Prinsip-Prinsip Tazkiyah Al-Nafs Dalam Islam Dan Hubungannya Dengan Kesehatan Mental. Jurnal Pemikiran Islam, 37(2), 95–102.

Muharram, D & Aimang, H. A. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bunta Kabupaten Luwuk Banggai. Al-Ilmi, 1(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i1.423

Mukhid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter dalam Al-Qur`an. Nuansa, 13(2), 309–328.

Mustari, M. (2017). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Mustari, M. (2019). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Nurcahya, D. K. (2019). Analisis Dekadensi Moral dalam Proses Pembelajaran PPKn. Hurnal Civic Hukum, 4(November), 114–121.

Nurhisam, L. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Sebagai Solusi Dekadensi Moral Anak. Elementary, 5(1), 110–131.

Omeri, N. (2005). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(3), 464–468.

Purwandi, E., Agustina, E., & Canhras, A. (2018). Nilai Religius dan Nilai Sosial dalam Materi Pembelajaran Sastra (Cerpen) pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(2), 154–159. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6518

Sakdiyah, H. (2018). Internalisasipendidikan Karakter Islami Kepada Anak Sekolah Dasar Di Sd Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.12-22

Salim, A. (2016). Integrasi Nilai –Nilai Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 111. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).111-133

Sani, R.A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64.

Simanjuntak, S., & Benuf, K. (2020). Relevansi Nilai Ketuhanan dan Nilai Kemanusiaan dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Diversi : Jurnal Hukum, 6(1), 22. https://doi.org/10.32503/diversi.v6i1.890

Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter). JPSD, 2(2), 85–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v3i1.5559

Tarmizi, T. (2017). Pendidikan Rohani Dalam Al-Quran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 123. https://doi.org/10.24952/fitrah.v2i2.477

Thaulabi, I. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Integrasi Pendidikan Karakter. Tribakti, 28(2), 351–371. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i2.488

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.909

Uno, H.B. & Lamatenggo, N. (2018). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90. https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.640

Windrati, D. K. (2011). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.60

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.7004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats