TELAAH FILOSOFIS FITRAH MANUSIA DAN ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM: KARAKTERISTIK, HUBUNGAN ORGANIK, DAN IMPLIKASI KEPENDIDIKAN
Abstract
Pembacaan kreatif berdasarkan pandangan-dunia Islam terhadap hakikat fitrah manusia dan ilmu pengetahuan dibutuhkan untuk memperkuat dasar-dasar logika pedagogik bagi praksis pendidikan Islam di tengah tantangan zaman saat ini. Penelitian kepustakaan ini bertujuan menelaah secara filosofis karakteristik fitrah manusia dan ilmu pengetahuan, hubungan organik antara keduanya, dan implikasi kependidikan. Penulis melalui analisa deskriptif menggambarkan karakteristik fitrah manusia dan ilmu pengetahuan, dan melalui analisa sintetik menarik benang merah hubungan organik di antara kedua entitas ini. Secara reflektif, penulis kemudian menganalisa implikasi-implikasi kependidikan Islam. Baik fitrah manusia maupun ilmu pengetahuan, keduanya sama-sama diikat oleh nilai-nilai iman dan ketauhidan serta memiliki dimensi eskatologis. Penulis menyimpulkan bahwa hubungan organik antara fitrah manusia dan ilmu pengetahuan itu bersifat implikatif, persyaratan, ketergantungan kreatif, kesatuan, logis (iman dan amal), serta koheren dan konstruktif. Implikasi-implikasi yang dapat diungkap adalah bahwa pendidikan Islam mengembangkan dan memelihara potensi fitrah, berwawasan tauhid, membentuk kesatuan fungsional khalifah-hamba, bersifat progresif, dan merupakan pendidikan profetik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. S. . (1994). Teori-teori pendidikan dalam Al Qur’an (M. Arifin & Zainuddin, Penterjemah). PT. Rineka Cipta.
Adhim, A. A. (1989). Epistemologi dan aksiologi ilmu: Perspektif Al Qur ’an (A. M. Hakim, Penterjemah). PT. Remaja Rosdakarya.
Al Faruqi, I. R. (1988). Tauhid (R. Astuti, Penterjemah). Penerbit Pustaka.
Al Ghazali, I. (1990). Ihya’ ulumuddin (Jilid I) (H.M. Zuhri, Penterjemah). Asy Syifa.
Al Jamali, M. F. (1986). Filsafat pendidikan dalam Al Qur ’an (J. Al Falasany, Penterjemah). Bina Ilmu.
Al Jamali, M. F. (1988). Menerobos krisis pendidikan dunia Islam (R. Astuti, Penterjemah). Golden Trayon Press.
Arifin, M. (1993). Filsafat pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Asy’arie, M. (2003). Reformulasi filosofis pendidikan Islam. Dalam H. Latief (Ed.), Islam dan pengembangan disiplin ilmu; Sebuah transformasi nilai (pp. 23–35). LPPI UMY.
Badri, M. (1996). Tafakur: Perspektif psikologi lslami (U.S. Husnan, Penterjemah). PT. Remaja Rosdakarya.
Badri, M. (2009). Human nature in secular psychology: An Islamic critique. In A. Haque & Y. Mohamed (Eds.), Psychology of personality, Islamic perspectives (pp. 39–60). Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Bakar, M. Y. A. 2012. Pengaruh paham liberalisme dan neoliberalisme terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Tsaqafah, 8(1), 135-160. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v8i1.22
Bakar, O. (2010). Tauhid dan sains; Perspektif Islam tentang agama dan sains (Y. Liputo, Penterjemah). Pustaka Hidayah.
Barnadib, I. (1997). Filsafat pendidikan; Sistem dan metode. Andi Offset.
Butt, N. (1996). Sains dan masyarakat Islam (M. Hilmy, Penterjemah). Pustaka Hidayah.
Ghulsyani, M. (1996). Filsafat sains menurut Al-Qur ’an (A. Effendi, Penterjemah). Mizan Pustaka.
Hassan, A., Suhid, A., Abiddin, N. Z., Ismail, H., & Hussin, H. (2010). The role of Islamic philosophy of education in aspiring holistic learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 2113–2118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.423
Hidayat, F. (2015). Pengembangan paradigma integrasi ilmu: Harmonisasi Islam dan sains dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, IV(2), 299-318. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.299-318
Husain, S. S., & Ashraf, S. A. (1994). Menyongsong keruntuhan pendidikan Islam (R. Astuti, Penterjemah). Gema Risalah Press.
Iqbal, M. (2016). Rekonstruksi pemikiran religius dalam Islam (Hawasi & M. Kazhim, Penterjemah). Mizan.
Irawan, B. (2011). Urgensi tauhid dalam membangun epistemologi Islam. TSAQAFAH, 7(2), 273-298. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v7i2.3
Jalal, A. F. (1988). Asas-asas pendidikan Islam (H.N. Ali, Penterjemah). C.V. Diponegoro.
Kartanegara, M. (2007a). Mengislamkan nalar: Sebuah respons terhadap modernitas. Erlangga.
Kartanegara, M. (2007b). Nalar religius: Menyelami hakikat Tuhan, alam, dan manusia. Erlangga.
Kuntowijoyo. (2017). Paradigma lslam: lnterpretasi untuk aksi. Penerbit Tiara Wacana.
Madjid, N. (1993). Pandangan dunia Al Qur’an. Dalam S. Ma’arif & S. Tuhuleley (Eds.), Al Qur’an dan tantangan modernitas (pp. 3–10). SIPRES.
Masduki, M. (2015). Pendidikan Islam dan kemajuan sains: Historisitas pendidikan Islam yang mencerahkan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 261-275. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.261-275
May, A. (2015). Melacak peranan tujuan pendidikan dalam perspektif Islam. TSAQAFAH, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.266
Mohamed, Y. (1997). Insan yang suci (Konsep fitrah dalam Islam) (M. Abadi, Penterjemah). Mizan.
Mujib, A. (2015). Implementasi psikospiritual dalam pendidikan Islam. Madania, 19(2), 195–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/madania.v19i2.38
Muntasir, S. (1985). Mencari evidensi Islam, analisa awal sistem filsafat, strategi dan metodologi pendidikan lslam. Rajawali.
Muraille, E. (2019). Ethical control of innovation in a globalized and liberal world: Is good science still science? Endeavour, 43(4), 1-14. https://doi.org/10.1016/j.endeavour.2020.100709
Muslih, M. (2012). Problem keilmuan kontemporer dan pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. TSAQAFAH, 8(1), 27-50. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v8i1.15
Mustaghfiroh, H. (2015). Rekonstruksi filsafat pendidikan Islam (Mengembalikan tujuan pendidikan Islam berbasis tujuan penciptaan dan tujuan risalah). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 89-104. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.786
Nasr, S. H. (1983). Islam dan nestapa manusia modern (A. Mahyuddin, Penterjemah). Penerbit Pustaka.
Nasr, S. H. (1994). Menjelajah dunia modern; Bimbingan untuk kaum muda muslim (H. Tarekat, Penterjemah). Penerbit Mizan.
Qadir, C. A. (1992). Filsafat dan ilmu pengetahuan dalam Islam (H. Basari, Penterjemah). Penerbit Obor.
Qardhawy, Y. (1998). Al Qur’an berbicara tenlang akal dan ilmu pengetahuan (A.H. Al Kattam, I. Salim, & M.H. Sochimien, Penterjemah). Gema Insani Press.
Quthb, S. (1990). Karakteristik konsepsi Islam (Muzakkir, Penterjemah). Penerbit Pustaka.
Rahman, F. (1983). Tema pokok Al Quran (A. Mahyuddin, Penterjemah). Penerbit Pustaka.
Ramayulis. (1994). Ilmu pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Sardar, Z. (1989). Sains, teknologi dan pembangunan di dunia Islam (R. Astuti, Penterjemah), Penerbit Pustaka.
Sardar, Z. (1996). Jihad intelektual: Merumuskan parameter-parameter sains Islam (A.E. Priyono, Penterjemah). Risalah Gusti.
Sarwar, H. G. (1994). Filsafat Al Qur’an (Z. Muhtadin, Penterjemah). Raja Grafindo Persada.
Syams, M. N. (1986). Filsafat pendidikan dan dasar filsafat pendidikan. Usaha Nasional.
Syari’ati, A. (1992). Humanisme antara Islam dan mazhab Barat (A. Muhammad, Penterjemah). Pustaka Hidayah.
Tufekčić, A. (2015). Reception of critical educational science and the contemporary educational crisis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 414–419. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.683
Wan Daud, W. M. N. (1997). Konsep pengetahuan dalam Islam (Munir, Penterjemah). Penerbit Pustaka.
Yunus, H. A. (1999). Filsafat pendidikan. Citra Sarana Grafika.
Zainuddin. (1991). Seluk beluk pendidikan dari Al Ghazali. Bumi Aksara.
Zubair, A. C. (1994). Tata nilai dalam epistemologi Islam. Al Jami ’Ah, 57, 87–92.
Zuhairini. (1995). Filsafat pendidikan Islam. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7895
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.