GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KH. BAHAUDIN DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SHALAT BERJAMAAH MAJELIS TAKLIM PONDOK PESANTREN AR-RAHMAH

Muhammad Rizkoni Salis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kepemimpinan demokratis KH. Bahaudin dalam mengembangkan pemahaman shalat berjamaah majelis taklim Pondok Pesantren Ar-Rahmah Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Observasi digunakan untuk mengetahui keberadaan majelis taklim, sedangkan wawancara dilakukan dengan 20 orang informan yang berasal dari pengurus yayasan, anggota majelis taklim dan jamaah. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemimpinan demokratis KH. Bahaudin memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap pengembangan pemahaman shalat berjamaah majelis taklim Pondok Pesantren Ar-Rahmah dengan indikator-indikator yang meliputi : Pemimpin mengedepankan kepentingan jamaah dengan tetap membedakan antara yang benar dan salah, memberikan motivasi dengan jamaah, keakraban pimpinan kepada anggota tanpa adanya jarak ibarat saudara sendiri dengan berdiskusi, menjalin komunikasi yang baik antar arah secara baik dan ramah, menghargai pengetahuan atau pemahaman jamaah, pemimpin selalu menerima dan menampung semua masukan dan kritikan yang disampaikan jamaah pengajian baik dalam pengajian maupun diluar pengajian, dan bimbingan dan pengarahan kepada jamaah pentingnya shalat berjamaah.


Keywords


Kepemimpinan Demokratis; Kyai; Pengembangan Pemahaman Shalat Berjamaah.

Full Text:

PDF

References


Asy’ari, Hasyim., Hasibuan, A. Aziz., dan Rosyad, M. Nabilur. 2020. Kepemimpinan Karismatik KH. Moh. Hasib Wahab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 247–261.

Dahlan, Zaini. 2018. Kebijakan Pemerintah Orde Baru Terhadap Majelis Ta’Lim. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1 (1), 125.

Daulay, Haidar Putra. 2001. Historisitas dan Eksistensi ; Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hadari, Amin dan M. Ishom El Saha. 2004. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.

Haedari, Amin. 2006. Transformasi Pesantren; Pengembangan Aspek Pendidikan, Keagamaan, dan Sosial. Jakarta: LekDis & Media Nusantara.

Hakim. M. N., dan Hasan, M. T. 2019. Inovasi Kurikulum Pendidikan SMA Darul Ulum 2 di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 1-13.

Kartono, Kartini. 2016. Pemimpin dan Kepemimpinan (Cet. XXI). Jakarta: PT. Raya Grapindo Persada.

Purwanto, M. Ngalim. 2017. Administrasi dan Supervise Pendidikan (Cet. XXIV). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Qomar, Mujamil. 2007. Pesantren; Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.

Udaya, Yusuf. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Iskandarsyah.

Yuliati, Nanik. 2013. Mempersiapkan Kepemimpinan Demokratis Masa Depan Melalui Program Pengembangan Kemampuan Perspective Taking Di Sekolah. Teori & Terapan: Jurnal Psikologi, 3 (2), 125-140.

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats