IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI RAJAPOLAH

Elsya Sastika Yamin, A. Mujahid Rasyid, Helmi Aziz

Abstract


This study aims to independently determine the curriculum simplification during the covid-19 pandemic by SMK Negeri Rajapolah, starting from the planning, implementation, to evaluation stages. This study uses a qualitative approach with a descriptive method, where the researcher describes the research data in the form of a narrative in the form of words. The research shows that: 1. Planning goes through several stages: conducting a curriculum content review, determining essential priority competencies, compiling curriculum content, setting time allocations, determining methodology, then the teacher prepares administration in the form of a Learning Implementation Plan (RPP). 2. Teachers carry out the implementation of online learning is carried out by teachers by utilizing social media through virtual classes with WhatsApp, classroom, and google form media. 3. Evaluation of curriculum implementation still includes evaluation of student learning, not yet covering aspects of the curriculum. The learning evaluation is carried out by filling out questions on the google form or classroom. However, this curriculum is still going through many obstacles in its implementation. The way that schools do to minimize these obstacles is by implementing limited face-to-face learning.

Keywords: Implementation; Curriculum; Covid-19 Pandemic.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi penyederhanaan kurikulum secara mandiri pada masa pandemi covid-19 oleh SMK Negeri Rajapolah, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana peneliti mendeskripsikan data penelitian dalam bentuk narasi berupa kata-kata. Penelitian menunjukkan bawah: 1. Perencanaan melalui beberapa tahapan yaitu: melakukan kajian konten kurikulum, menetapkan kompetensi dasar prioritas, menyusun konten kurikulum, menetapkan alokasi waktu, menetapkan metodologi, selanjutnya guru mempersiapkan administrasi berbentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2. Pelaksana pembelajaran daring dilaksanakan oleh guru dengan memanfaatkan media sosial melalui kelas maya dengan media whatsapp, classroom, dan google form. 3. Evaluasi implementasi kurikulum baru mencakup evaluasi pembelajaran siswa, belum mencakup aspek kurikulum. Dimana evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara mengisi soal di google form, atau classroom. Namun, kurikulum ini masih melalui banyak hambatan dalam implementasinya, jalan keluar yang dilakukan sekolah untuk meminimalisir hambatan tersebut yaitu dengan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Kata Kunci: Implementasi; Kuriulum; Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2017). Evaluasi Kurikulum Sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Idaroh, 1(2), 108–129. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v1i2.25

Akhmad Saufi, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161

Ansori, M., & Iswati, I. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Arfandi, A., & Shaleh, M. (2018). Tahapan-Tahapan Dalam Manajemen Kurikulum Pada Lembaga Pendidikan Islam. Edupedia, 2(2), 63–71. https://doi.org/10.35316/edupedia.v2i2.332

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Budiani, Sri, dkk. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. IJCET, 6(1), 45–57. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4084

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074

Candra, S. A. (2020). Kemendikbud Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Republika.co.id. https://republika.co.id/berita/qdd0g5384/kemendikbud-evaluasi-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi

Desrani, A., & Aflah Zamani, D. (2021). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(02), 2014–2234. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v5i02.1252

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling, 1(2), 94–109.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fathurrochman, I. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 85–104. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145.

Handayani, G. W., dkk. Luthfi Hamdani Maula, D. A. U. (2020). Analisi Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Diknas Mantappa, 3(2), 279–286. https://dx.doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.649

Harususilo, Y. E. (2020). Kurikulum Darurat, Sekolah Bisa Pilih 3 Opsi Kurikulum ini. Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/08/114558171/kurikulum-darurat-sekolah-bisa-pilih-3-opsi-kurikulum-ini?page=all

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Methode). Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.

Jayusman, I., & Savab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Lazuardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112

Masykur, M. Z., dkk (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Af’Idah, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.591

Prabowo, H. (2020). Pandemi COVID-19 Menunjukkan Ketimpangan Pendidikan di Indonesia. Tirto.Id. https://tirto.id/pandemi-covid-19-menunjukkan-ketimpangan-pendidikan-di-indonesia-f34d

Razali M. Thaib & Irman Siswato. (2015). Inovasi Kurikulum dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 216–228. http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i2.323

Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1288

Solong, N. P. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengembangan Kurikulum Masa Pembelajaran Online. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 12–20.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(19), 173–179. https://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v11i2.2210

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suyatmini. (2017). Implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 60–68. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5120

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 38 (2003). http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Usman, M. H., dkk. (2020). Covid-19 dalam Perjalanan Akhir Zaman: Sebab, Dampak dan Anjuran Syariat dalam Menghadapinya. Bustanul Fuqaha: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2), 137–155. https://doi.org/10.36701/bustanul.v1i2.142

Usman, D. H., dkk. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum tahfiz Al-Qur’an di masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 57. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4248

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741

Yasir, Saddan, dkk. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp It Ad-Durrah Medan. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.189

Zakariah, M. A., dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats