Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi Tenaga Kesahatan terhadap Kehalalan Obat di Rumah Sakit Kabupaten Banyumas

Alfiyaturrohmaniyah - Trisnawati

Abstract


Tenaga kesehatan memiliki peran yang penting dalam pemilihan obat untuk pasien khususnya di kalangan dokter dan apoteker. Dokter dan apoteker memiliki peran terbesar dalam pemilihan obat untuk pasien. Saat ini pemilihan obat oleh dokter dan apoteker beberapa belum mengerti dan belum paham tentang hukumnya menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan yang dilarang menurut Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan, sikap, dan presepsi tenaga kesehatan di rumah sakit Kabupaten Banyumas terhadap kehalalan obat. Penelitian ini mengunakan pendekatan cross sectional pada periode waktu bulan Februari hingga Juni. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden dan metode pengambilan data secara accidental sampling dan pemilihan dari dokter dan apoteker yang bekerja di rumah sakit di wilayah Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa pengetahuan responden baik 73 responden (96%), sikap positif sebanyak 74 responden (97%), dan persepsi baik 76 responden (100%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dokter dan apoteker baik, serta sikap dan persepsidokter dan apoteker pun baik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

DSN MUI. Obat dan Pengobatan. Fatwa DSN MUI. No. 30 Tahun 2013 tentang Obat dan Pengobatan. 2013

Notoatmojo S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Cetakan 2., Jakarta: PT Rineka Cipta

Notoatmojo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan., Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmojo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Riyanto, Agus. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Sadeeqa, S., Azmi, S., Imran, M., Maryam, F., & Muhammad Atif. 2013b. “Knowledge, Attitude and Perception Regarding Halal Pharmaceuticals Among General Public in Malaysia”. International Journal of Public Health Science. Vol. 2 (4): p. 143 – 150.

Sadeeqa, S. & Azmi, S. 2014a. “Assessment of Knowledge, Attitude and Perception Among Hospital Pharmacists Regarding Halal Pharmaceuticals.” Journal of Applied Pharmaceutical Science. Vol. 4 (05), pp. 080-086.

Sadeeqa, S. & Azmi, S. 2016. “Assessment of Knowledge, Attitude and Perception Regarding Halal Pharmaceuticals Among Medical Practitioners in Malaysia.” Journal of Applied Pharmaceutical Science. Vol. 4 (04), IP. 75. 101. 163. 131

Sugiyono.(2005).Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono.(2010). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif Dan R & D., Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN : 2599-0047 | E-ISSN 2598-6376 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: