Potensi Pati Umbi Tire (Amorphopallus onchopyllus) Pregelatinasi Paut Silang Sebagai Bahan Tambahan Tablet Kempa Langsung

Haeria Haeria Haeria, Nur Syamsi Dhuha, A Rahmi Azhariani

Abstract


Telah dilakukan penelitian karakterisasi pati umbi tire (Amorphopallus onchopyllus) pregelatinasi dan pati umbi tire pregelatinasi paut silang. Untuk memperoleh kualitas produk yang diinginkan, karakteristik pati umbi tire dapat dimodifikasi, metode modifikasi yang digunakan adalah cross-linking. Prinsip modifikasi ini yaitu mensubstitusi gugus fosfat dengan gugus hidroksil pada pati. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan karakteristik pati umbi tire yang mengalami modifikasi secara cross-linking terhadap pati yang tidak dimodifikasi. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini melalui 3 tahapan : (1) Tahap karakterisasi pati umbi tire, (2) Tahap modifikasi pati umbi tire dengan metode cross-linking untuk merubah sifat pati umbi tire sesuai dengan spesifikasi yang memenuhi syarat sebagai bahan tambahan sediaan farmasi, (3) Tahap uji karakterisasi pati umbi tire yang telah dimodifikasi berdasarkan uji organoleptik, uji homogenitas, uji pH dan uji viskositas. Pati pregelatinasi dibuat dengan pemanasan di atas suhu gelatinasi pati, kemudian difosfolirasi dengan mereaksikan pati pregelatinasi dengan Na2HPO4. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik dari pati umbi tire yang mengalami modifikasi cross-linking lebih baik dibandingkan dengan pati umbi tire yang tidak mengalami modifikasi dan pati umbi tire pregelatinasi paut silang dapat dijadikan sebagai bahan tambahan tablet kempa langsung.

Full Text:

PDF

References


Anonim. Porang (Amorphophallus Oncophyllus). Direktorat Budi Daya Aneka Kacang dan Umbi. Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian. 2013.

Aulton, Michael. Pharmaeutis: The Science of Dosage From Design. New York: Churcill Livingstone. 1988.

Collado LS, Corke H. 1999. Heat-moisture treatment effects on sweetpotato starches differing in amylose content. Food Chem 65:339346.doi:10.1016/S0308-8146(98)00228-3.

Elfiyani, Rahma dkk. Perbandinga Penggunaan Asam Sitrat dan Asam Tatrat Terhadap Sifat Fisik Granul Efferfescent Ekstrak Kering Kulit Buah Manggis (Graciana mangostana L). media farmasi: volume 11. 2014

Hadiseowignyo, Lannie., dan Fudholi Achmad. Sediaan Solida. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Kibbe dan Arthur. H. Handbook Of Pharmaceutical Exipients.3th Edition. University Of Pharmacy: Pennsylvany. 2000.

K. Haryani Hargono. Proses Pengolahan Iles-iles (Amorphophallus sp.) Menjadi Glukomannan Sebagai Gelling Agent Pengganti Boraks. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Kampus Tembalang Semarang. 2008.

Lachman L., dkk. Teori dan Praktek Farmasi Industri Edisi Ketiga. Jakarta: UI Press. 2007.

Singh J, Kaur L, McCarthy OJ. 2007. Factors influencing the physicochemical, morphological, thermal and rheological properties of some chemically modified starches for food applications – a review. Food Hydrocoll. 21:1-22.doi:10.1016/j.foodhyd.2006.02.006.

Sutrisno Koswara. Teknologi Pengolahan Umbi Porang. Bogor. Bogor Agricultural University: 2000.

Voight Rudolf. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 1995.

Wade, A and Waller, P.J. Handbook of Pharmaceutical Excipients. Second Edition. London: The Pharmaceutical Press. 1994.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiff.v1i1.3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed and Journal List Title by :

Neliti

CiteFactorResearch BIB
MorarefDRJIESJIEuroPubScientific Indexing Services
CrossRefPortal GarudaWorldCatScilitIndonesia One Search
Publons

JIFF Flag Counter
 
Visitor Since 20 December 2018 :


View My Summary StatCounter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License