HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA

Khurin In Wahyuni

Abstract


Kesadaran dan Pengetahuan tentang penyakit hipertensi masih sangat rendah, padahal angka kejadian hipertensi cukup tinggi. Kepatuhan dan ketidak patuhan dapat digunakan sebagai parameter tingkat pengetahuan pasien hipertensi. Kepatuhan minum obat sangatlah penting karena dengan patuh tekanan darah dapat dikontrol. Ketidak patuhan diakibatkan adanya ketidak pahaman  dalam menjalankan terapi merupakan salah satu penyebab kegagalan terapi. Hal ini sering disebabkan kurangnya pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pasien hipertensi di Rumah Sakit Anwar Medika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 106 dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan februari sampai maret 2020 dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini mendapatkan hasil persentase tingkat pengetahuan yaitu  pengetahuan rendah 24%, pengetahuan sedang 46% dan pengetahuan tinggi 30%. Hasil persentase tingkat kepatuhan yaitu kepatuhan rendah 8%, kepatuhan sedang 63%, dan kepatuhan tinggi 28%. Berdasarkan analisis Chi Square antara pendidikan dengan pengetahuan didapatkan p value = 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan. Berdasarkan analisis Chi Square hubungan antara pendidikan dengan kepatuhan didapatkan p value = 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan antara pendidikan dengan kepatuhan. Berdasarkan analisis Korelasi Pearson Product Moment antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan minum obat didapatkan p value = 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pasien hipertensi di Rumah Sakit Anwar Medika.


Full Text:

PDF

References


Anggara, F. H. D., Prayitno, N. 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah Di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 5(1).

Anwar, K., Masnina, R. 2019. Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi denganTekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Samarinda. Borneo Student Research.

Chobainon, A. V. 2004. The Seventh Report of the Joint National Committee on : Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure. 7th Ed.United State of Amerikan American. NIH Publication.

Fitrina, Y., Harysko, R.O. 2014. Hubungan Karateristik Dan Motivasi Pasien Hipertensi Terhadap Kepatuhan dalam Menjalkani Pengobatan Di Puskesmas Talang Kabupaten Solok Tahun 2014.

Isra, M., Bisnu, K. H., Kepel, B. L. Mulyadi. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Ranomut Kota Manado. e-Journal Keperawatan (e-KP).5 (1).

KemenKes RI. 2016. Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Hipertensi. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kusumawaty, J., Hidayat, N., Ginanjar, E. 2016. Hubungan Jenis Kelamin dengan Intensitas Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lakbok Kabupaten Ciamis. Mutiara Medika.16(2): 46-51.

Mathavan, J., Ngurah, G. 2017. Gambaran tingkat pengetahuan terhadap hipertensi dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas kintamani I, Bangli-Bali. Bali: Intisari Sains Medis.

Mbakurawang, I. N., Agustine, U. Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Yang Berobat Ke Balai Pengobatan Yayasan Pelayanan Kasih A dan A Rahmat Waingapu. Jurnal poltekes kupang.

Ningrum, S. P. 2018. Hubunga Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Seyegan Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan’aisyiyah Yogyakarta.

Notoatmojo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rhineka Cipta.

Nuraini B. 2015. Risk Factors Of Hypertension. J MAJORITY . 4(5).

Nursalam. 2001. Dokumentasi Keperawatan. Jakarta: ECG.

Pratiwi, R. I., dan Perwitasari, M. 2017 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Hipertensi Dalam Penggunaan Obat Di RSUD Kardinah. Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017. Politeknik Harapan Bersama, Tegal.

Puspita, E., Oktaviarini, E., Santik, Y. D. P. 2017. Peran Keluarga Dan Petugas Dalam Kepatuhan Pengobatan Penderita Hipertensi Di Puskesmas Gubungpati Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 12(2).

Putri, H. 2018. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Hipertensi Melalui Metode Ppenyuluhan. Yogyakarta: Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 171–176.

Rasajati, Q.P., Raharjo, B.B., Ningrum, D.N.A. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pengobatan Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health. 4 (3).

Sefriami., Asnindari, L.N. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Pengelolaan Hipertensi Pada Penderita Hipertensi Di RT 10-12 Kelurahan Pandeyan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan’aisyiyah Yogyakarta.

Shiombing, T. F. H., Artini, A. A. 2017.Tingkat Pengetahuan Mengenai Hipertensi dan Pola Kepatuhan Pengobatan pada Penderita Hipertensi yang Berkunjung ke Tenda Tensi Tim Bantuan Medis Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika. 6 (12).

Sinuraya, R.K., Destiani, D. P., Puspitasari, I.M., Diantini, A. 2018. Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kota Bandung. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. 7 (2): 124–133.

Sulistyarini, T., dan Hapsari, M. F. 2015 Delapan Faktor Penting Yang Mempengaruhi Motivasi Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi. Jurnal STIKES. 8(1).

Tamamilang, C. D., Kandou G. D., Nelwan J. E. 2018. Hubungan Antara Umur Dan Aktivitas Fisik Dengan Derajat Hipertensi Di Kota Bitung Sulawesi Utara. Jurnal KESMAS. 7 (5).

Tirtana, A. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Hipertensi Pada Lansia Hipertensi Di RW 04 Tegal Rejo Kelurahan Tegal Rejo Tahun 2011. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan 'Aisyiyah Yogyakarta.

Wahyuni., dan Eksanoto, D. 2013. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin dengan Kejadian Hipertensi di Kelurahan Jagalan di Wilayah Kerja Puskesmas Pucang Sawit Surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia. 1 (1).

Widyasari, D. F., Candrasari, M. 2010. Pengaruh Pendidikan Tentang Hipertensi terhadap Perubahan dan Sikap Lansia di Desa Makamhaji Kartasura Sukoharjo. Biomedika. 2(2).

Wulansari, J. Ichsan, B. dan Usdiana, D. 2013. Hubungan Pengetahuan Tentang Hipertesi Dengan Pengendaalian Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD DR. Moewardi Surakarta. Biomedika. 5 (1).




DOI: https://doi.org/10.29313/jiff.v4i1.6794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed and Journal List Title by :

Neliti

CiteFactorResearch BIB
MorarefDRJIESJIEuroPubScientific Indexing Services
CrossRefPortal GarudaWorldCatScilitIndonesia One Search
Publons

JIFF Flag Counter
 
Visitor Since 20 December 2018 :


View My Summary StatCounter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License