FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS GEL ANTIINFLAMASI EKSTRAK ETANOL DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) PADA MENCIT JANTAN PUTIH (Mus musculus)

Suhrah Febrina Karim, Hilmiati Wahid, Wahyuni Wahyuni, Wulanda Sari Yusuf

Abstract


Inflamasi yaitu suatu respon  jaringan vaskular terhadap infeksi maupun kerusakan jaringan dengan mendatangkan sel dan molekul pertahanan tubuh dari peredaran darah ke lokasi yang diperlukan untuk mengeliminasi penyebab yang mengganggu. Daun pepaya (Carica papaya L.) memiliki kandungan kimia yang terdiri dari flavanoid, tanin, dan saponin. Kandungan flavanoid dalam daun pepaya dipercaya dapat dijadikan sebagai antiinflamasi. Flavonoid dapat menghambat siklooksigenase atau lipooksigenase dan menghambat akumulasi leukosit di daerah sehingga dapat menjadi antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antiinflamasi ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) terhadap mencit jantan putih (Mus musculus). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Daun Pepaya di ekstraksi dengan metode maserasi yang selanjutnya dibuat Sediaan Gel dilanjutkan dengan metode pembentukan edema buatan pada telapak kaki mencit (Mus musculus) dengan menggunakan keragenan 1%. Hasil penelitian sediaan gel ekstrak etanol daun pepaya (Carica papaya  L.) dibuat dengan konsentrasi 0,2%, 0,3% dan 0,4%. Penurunan Volume Edema di mulai pada Jam ke- 2 sampai Jam Ke-6 untuk Semua Kelompok gel ekstrak Ekstrak Etanol Daun Pepaya (0,2%, 0,3% dan 0,4 %). Kontrol Negatif tidak mengalami Penurunan Edema berbeda dengan Kontrol Positif yang mengalami Penurunan. Berdasarkan hasil pengamatan selama penelitian hewan uji, bahwa pada ekstrak 0,3% lebih signifikan mengalami penurunan volume Edema dibanding dengan kelompok pembanding Neuromacil Gel sebagai kontrol positif.


Keywords


antiinflamasi; daun pepaya; gel

References


Agustina. 2016. Kajian Karakterisasi Tanaman Pepaya (Carica Papaya L.). Di kota Madya Bandar Lampung. Skripsi Sarja Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung.

Corsini, R.J. 2005. Encylopedia of Psychology. Journal of Phycology, 3: 375-469

Dermiaty T., Christine Natalia., Joni Tandi. 2018. Uji Efek Antiinflamasi dan analgesic Kombinasi Ekstrak Etanol Herba Patikan Kebo (Euphoria hirta L) dan Daun Pepaya (Carica Papaya L.) Pada Tikus Jantan Putih. Farmakologika Jurnal Farmasi Vol xv No.2

Mayba, J.N. & Gooderham, M.J. 2018. A Guaide to Topical Vehicle Formulations, Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, 22(2), pp. 207-212.

Milind, P. & Guardita. 2011. Basketful Benefits Of Papaya. IRJP. 2(7): 6-12.

Okuma, C.H., Andrade, T.A.M., Caetano, G.F., Finci, L.I., Maciel, N.R., Topan, J.F., Cefali, L.C., Polizello, A.C.M., Carlo, T., Rogerio, A.P., Sapadaro, A.C.C., Isaac, V.L.B., Frade, M.A.C., dan Rocha-Filho, P.A., 2015, Development of lamellar gel phase emulsion containing marigold oil (Calendula officinalis) as a potential modern wound dressing, Eur. J. Pharm. Sci., 71:62-72.

Pusporini Ratih & Fuadiyah Diena. 2020. Mengenal Pereda Nyeri dalam Kedokteran Gigi . UB Press: Malang.

Robbins, 2020. Buku Ajar Patologi. Elsevier Singapore Pte Ltd: Indonesia

Rohman Abdul, 2018. Analisis Obat dalam Sediaan Farmasi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Sukmawati, Yuliet, Hardanti R, 2015. Uji Aktivitas Antiinflamasi Ekstrak Etanol Daun Pisang Ambon (Musa paradasiaca L.) Terhadap Tikus Putih (Rattus norvegiccus) Yang Diinduksi Keragenan. Gelenika Journal Of Pharmacy 1(2): 126-132

Yusuf, A.L., Nurawaliah, E., dan Harun, N., 2017, Uji Efektivitas Gel Ekstrak Etanol Daun Kelor (Moringa oleifera L.) sebagai Antijamur Malassezia furfur, Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi, 5 (2):62-67.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiff.v5i2.8970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed and Journal List Title by :

Neliti

CiteFactorResearch BIB
MorarefDRJIESJIEuroPubScientific Indexing Services
CrossRefPortal GarudaWorldCatScilitIndonesia One Search
Publons

JIFF Flag Counter
 
Visitor Since 20 December 2018 :


View My Summary StatCounter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License