TINGKAT PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP KEHALALAN OBAT DI JAWA TIMUR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[MUI] Majelis Ulama Indonesia (2018) Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol. Jakarta: Fatwa MUI.
[UU] Undang-Undang Republik Indonesia (2014) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Jakarta: Kementerian RI.
‘Afifi, M. (2015) Halal Pharmaceutical. The Social Science. 10(4): 490-498.
Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian: Satu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asmak, A. ( 2015) Is Our Medicine Lawful (Halal)?. Middle-East Journal of Scientific Research. 23(3): 367-373
Bulan, T.P.L., Fazrin, K., & Rizal, M. (2017) Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Lagsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6(2): 729-739.
Darmawan, D. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Faridah, H.D. (2019) Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research. 2(2): 68-78.
Fauziah. 2012. Perilaku Komunitas Muslim dalam Mengonsumsi Produk Halal di Provinsi Bali. Jurnal Multikultural dan Multi Religius. 11(2).
Ferrinadewi, E. (2008). Merk dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hijriawati, M., Putriana, N.A., & Husni, P. (2018). Upaya Farmasis dalam Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Farmaka. 16(1).
Hudaefi, D., Martin, S., & Ahmad, J.S.A. 2021. Kepastian Hukum Sertifikais Halal pada Obat-Obatan Dikaitkan dengan Jaminan Produk Halal. Jurnal Living Law. 13(2): 122-131.
Kumalasari, R. (2019) Pengaruh Harga dan Label Halal terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Al-Wahida Indonesia (HPAI). Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Muiz, A. (2020) Landasan dan Fungsi Al-Qawa’id Al-Fiqhiyyah dalam Problematika Hukum Islam. al-Afkar: Journal of Islamic Studies. 3(1): 103-114.
Notoatmodjo, S. (2010) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2013) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanti, D.R., (2017). Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Kehalalan Obat di Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwkerto.
Putriana, N.A. (2016). Apakah Obat yang Kita Konsumsi Saat Ini Sudah Halal ?. Majalah Farmasetika. 1(4).
Raheem, A. (2018) Identifikasi Kandungan Alkohol dalam Obat di Apotek melalui Pengamatan pada Kemasan Sekunder. Journal of Halal Product and Research. 1(2).
Rahma, M. (2015) Urgensi Regulasi dan Edukasi Produk Halal Bagi Konsumen. Justitia Islamica. 10(2): 360-390.
Setiyani, R. (2010) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. V(2): 117- 133.
Simora, B. (2002) Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Mc. Graw Hill.
Syafrida. (2016) Sertifikat Halal pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Adil: Jurnal Hukum. 7(2): 159-174.
Syahrir, A. (2019) Perilaku Apoteker terhadap Labelisasi Halal pada Sediaan Farmasi. Journal of Halal Product and Research. 2(1).
Zani, A.V.R., Deranto, P., & Effendi, M. (2013) Analisis Pengaruh Label Halal dan Aman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Malang. Jurnal. 1(2).
DOI: https://doi.org/10.29313/jiff.v5i2.9608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed and Journal List Title by :
View My Summary StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License