Pengaruh Small Group Discussion (SGD) terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa MAN 2 Banjarmasin tentang Penggunaan Antibiotik

Ashiela Ashiela, Darini Kurniawati, Adriana Palimbo

Abstract


Abstrak
Pengunaan antibiotik yang tidak rasional secara berulang dapat mengakibatkan resistensi. Resistensi antibiotik adalah 10 ancaman kesehatan dunia. Salah satu yang memengaruhi penggunaan antibiotik adalah pengetahuan yang dapat ditingkatkan dengan edukasi. Remaja sebagai agent of change akan menjadi perubahan baik untuk dibekali pengetahuan tentang penggunaan antibiotik. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh small group discussion terhadap tingkat pengetahuan siswa MAN 2 Banjarmasin tentang penggunaan antibiotik. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat true experimental menggunakan pre-test and post-test group design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa MAN 2 Banjarmasin yang diteliti sebanyak 104 siswa kelas XII dengan pengacakan stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juli 2022. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji statistika dan regresi ordinal. Hasil tidak terdapat hubungan antara karakteristik responden terhadap tingkat pengetahuan penggunaan antibiotik. Tingkat pengetahuan responden pre-test adalah 16 orang baik, 34 orang cukup, dan 54 orang kurang. Pada hasil posttest tingkat pengetahuan mengalami perubahan menjadi 48 orang baik, 28 orang cukup, dan 28 orang kurang. Small group discussion memiliki pengaruh sebesar 53,2% terhadap tingkat pengetahuan siswa MAN 2 Banjarmasin tentang penggunaan antibiotik. Pemberian edukasi dengan metode small group discussion memberikan pengaruh terhadap tingkat pengetahuan siswa MAN 2 Banjarmasin tentang penggunaan antibiotik. Diperlukan penyampaian informasi dan edukasi yang rutin seperti penyuluhan maupun seminar oleh tenaga kesehatan untuk menambah pengetahuan penggunaan antibiotik.

Kata kunci: Antibiotik, edukasi, pengetahuan, penggunaan antibiotik


The Effect of Small Group Discussion (SGD) on the Knowledge Level of Banjarmasin MAN 2 Students about the Use of Antibiotics

Abstract
Repeated irrational use of antibiotics can lead to resistance. Antibiotic resistance is a top 10 threat to world health. One that influences the use of antibiotics is knowledge that can be increased by education. Teenagers as agents of change will be a good change to be equipped with knowledge about the use of antibiotics. The purpose of this study was to determine the effect of small group discussions on the level of knowledge of students at MAN 2 Banjarmasin about the use of antibiotics. The design of this research is quantitative which is true experimental using pre-test and post-test group design. The population and sample of the study were students of MAN 2 Banjarmasin who were studied as many as 104 students of class XII with stratified random sampling. This research was conducted during July 2022. The measuring tool used was a questionnaire and data were analyzed using statistical tests and ordinal regression. The results showed that there was no relationship between the characteristics of the respondents and the level of knowledge on the use of antibiotics. The knowledge level of the respondents in the pre-test was 16 good people, 34 people had enough and 54 people had less. In the posttest results the knowledge level category changed to 48 good people, 28 people were sufficient and 28 people were lacking. Small group discussion has an effect of 53.2% on the level of knowledge of Man 2 Banjarmasin students about the use of antibiotics. Providing education with the small group discussion method has an influence on the level of knowledge of Banjarmasin MAN 2 students about the use of antibiotics. It is necessary to deliver routine information and education such as counseling and seminars by health workers to increase knowledge on the use of antibiotics.

Keywords: Antibiotics, education, knowledge, use of antibiotics


Keywords


Antibiotk; edukasi; pengetahuan; penggunaan antibiotik; Antibiotics; education; knowledge; use of antibiotics

References


Wahyuningtias H, Wibisono W. Hubungan penggunaan sosial media dan pengetahuan seks bebas pada siswa/siswi usia 17-18 tahun. JNK. 2018 Aug 29;5(2):144–9.

Andiarna F, Hidayati I, Agustina E. Pendidikan kesehatan tentang penggunaan antibiotik secara tepat dan efektif sebagai upaya mengatasi resistensi obat. J Community Engagement Employment. 2019;2(1):8.

Ulfah IN, Dethan RDASS, Realita F, Rosyidah

H. Learning method comparison between small- group discussion (SGD) and conventional to the knowledge improvement of midwifery department students. J Heal Technol Assess Midwifery. 2021 Mar 4;4(1):8–14.

Desrini S. Resistensi antibiotik, akankah dapat dikendalikan ? JKKI. 2015 Jan 20;6(4):i–iii.

Samgryce Siagian H, Harahap C. Evaluasi penggunaan antibiotik pada pasien penyakit diabetes melitus tipe II di instalasi rawat inap RSU Karya Bakti Ujung Bandar Rantauprapat. JIFARMASI. 2021 Mar 31;4(2):64–9.

Sobirin M, Suryani E. Small group discusion (SGD) learning model on understanding the concept of the nature of light in SD Negeri 1 Puguh. Widyagogik, 2022;10(1):13.

Christiani A. Penerapan metode small group discussion dengan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. JPGSD. 2014;02(2):11.

Ermi N. Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar materi perubahan sosial pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. SOROT. 2015 Oct 16;10(2):155.

Sinaga R, Tampubolon S, Sinambela E. The effect of Students Team Achievement Divisions (STAD) teaching method and small group discussion method on students’ writing descriptive text achievement. BIRCI. 2021;4(4):14.

Gantino R, Ruswanti E, Taufiqurrahman T. Efektifitas implementasi metode ajar SCL model small group discussion. JEko [Internet]. 2020 Nov 11 [diunduh 22 Nov 2022]. Tersedia dari: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ Eko/article/view/3645

Saputra AA. Peran pemuda sebagai agent of change dalam pemberdayaan masyarakat pada usaha pariwisata kuliner di kampung nelayan Ampang Pulai Kabupaten Pesisir Selatan. Ranah Research: J Multidicsiplinary Res Develop. 2019;1(4):8.

Sahu P, Nayak S, Rodrigues V. Medical students’ perceptions of small group teaching effectiveness in hybrid curriculum. J Edu Health Promot. 2018;7(1):30.

Roshni M, Rahim A. Small group discussions as an effective teaching-learning methodology for learning the principles of family medicine among 2 nd -year MBBS students. J Fam Med Prim Care. 2020;9(5):2248.

Hafandi Z, Ariyanti R. Hubungan pengetahuan tentang Covid-19 dengan kepatuhan physical distancing di Tarakan. JKMM. 2020 Aug 13;8(2):102–11.

Khairunnisa, Sofia R, Magfirah S. Hubungan karakteristik dan tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan Covid-19 pada masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. AVERROUS. 2021 May 26;7(1):53.

Pratomo GS, Dewi NA. Tingkat pengetahuan masyarakat Desa Anjir Mambulau Tengah terhadap penggunaan antibiotik. J Surya Medika. 2018 Aug 1;4(1):79–89.

Pardede H, Sinurat B. The effect of small group discussion on the students’ ability in speaking english at grade VIII of SMP Negeri 2 Siantar. JETAFL. 2019;5(2):16.

Muhtarom H, Kurniasih D. Pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. 2020;3(2):7.

Kolar M, Htoutou Sedlakova M, Urbanek K, Mlynarcik P, Roderova M, Hricova K, dkk. Implementation of antibiotic stewardship in a University Hospital setting. Antibiotics. 2021 Jan 19;10(1):93.

Ketut Surinati IDA, Ruspawan IDM, Hartati NN, Runiari N, Ribek N. The small group discussion health education model for improving adolescent knowledge about HIV/AIDS in high schools in Kerambitan District, Tabanan Regency. JERE. 2019 Nov 30;3(4):210.

Imwattana K, Kiratisin P, Techasintana P, Ngamskulrungroj P. An impact on medical student knowledge outcomes after replacing peer lectures with small group discussions. MedEdPublish. 2019 May 21;7:224.

Marneli D, Helvi SN, Eliwatis E. Pengaruh pembelajaran kooperatif small group discussion (SGD) dengan talking stick berbantuan handout terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang. SIM-BIO. 2019 Jul 27;8(1):20.

Joshi KP, Padugupati S, Robins M. Assessment of educational outcomes of small group discussion versus traditional lecture format among undergraduate medical students. Int J Community Med Public Health. 2018 Jun 22;5(7):2766




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v5i1.10805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.