Analisis Kinerja Petugas Program Gizi di Puskesmas Padang Bulan Medan Tahun 2019

Elisabeth Waworuntu, Tri Niswati Utami, Iman Muhammad

Sari


Kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja petugas program gizi di Puskesmas Padang Bulan Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan mulai juli 2018 sampai dengan januari 2019. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja informan pada program gizi baik kegiatan didalam gedung maupun diluar gedung sudah cukup baik, informan juga mempunyai kemampuan cukup baik dalam melaksanakan tugas ataupun kegiatan-kegiatan sehari-hari baik dalam pembuatan laporan dan juga pelaksanaan kegiatan, informan mempunyai motivasi yang tunggi dan kinerjanya cukup baik. Yang menjadi masalah dalam kinerja petugas adalah kurangnya dukungan dari pimpinan Puskesmas dalam pelaksanaan program gizi di Puskesmas. Disarankan kepada kepala Puskesmas agar memberikan perhatian terhadap program gizi, baik dalam pelaksanaan dan juga dalam perencaan yang sudah di susun oleh petugas program.


Referensi


Insanarif, Ahmad Zainul. Manajemen Pelayanan Publik, Erlangga, Jakarta; 2014

Siagian SP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jkarta: PT.Bumi Aksara; 2012

Rahmi T. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Fatima Kabupaten Tana Toraja.Jurnal; 2013

PERMENKES 75. Pedoman Tentang Puskesmas (diakses pada tanggal 10 September 2018)

Muninjaya, A. A. Gde. Manajemen Kesehatan, Edisi 2, EGC, Jakarta; 2012

Riza Zulfina. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Pelaksana Farmasi di Puskesmas Induk Kabupaten Aceh Selatan;2013

Ilahiyah ME. Rancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Eksekusi Startegi Pada Perguruan Tinggi Swasta X di Surabaya; 2017

Robert L. Mathis, John H.Jacson. Human Research Management, Edisi 10 Jakarta : Salemba Empat; 2006

Anita. Manajemen Pelayanan Kesehatan, Yogyakarta; 2013

Ilyas, Yaslil. Kinerja (Teori Penilaian dan Penelitian) Penerbit FKM UI, Jakarta; 2013

IGK Wijaya. Hubungan Motivasi Kerja Dan Kinerja Petugas Pelayanan Resep Obat Jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng: Forum Ilmiah Volume 12 Nomor 1; 2015

Riza Zulfina Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Pelaksana Farmasi di Puskesmas Induk Kabupaten Aceh Selatan; 2011

Muhammad Iqbal Fahlevi. Pengaruh Kompetensi Petugas Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Peureumeue Kabupaten Aceh Barat; 2017

Palupi Noviarini. Hubungan motivasi dengan Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sragen; 2012

Iing Yuliastuti. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Terhadap Kinerja Perawat Dalam Penatalkasanaan Kasus Flu Burung di RSUP H.Adam Malik; Tesis; 2017

Mangkunegara PA. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Rifika Aditama; 2012

Profil Puskesmas Padang Bulan Medan; 2017




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v1i2.4805

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN: 2656-8438