Kinerja Petugas Program Gizi di Puskesmas Padang Bulan Medan Tahun 2019

Tri Niswati Utami, Iman Muhammad, Elisabeth Waworuntu

Abstract


Kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja petugas program gizi di Puskesmas Padang Bulan Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan mulai Juli 2018 sampai dengan Januari 2019. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja informan pada program gizi baik kegiatan di dalam gedung maupun di luar gedung sudah cukup baik; informan juga mempunyai kemampuan cukup baik dalam melaksanakan tugas ataupun kegiatan-kegiatan sehari-hari baik dalam pembuatan laporan dan juga pelaksanaan kegiatan; informan mempunyai motivasi yang tinggi dan kinerjanya cukup baik. Permasalahan dalam kinerja petugas adalah kurang dukungan dari pimpinan puskesmas dalam pelaksanaan program gizi di puskesmas. Disarankan kepada kepala puskesmas agar memberikan perhatian terhadap program gizi, baik dalam pelaksanaan dan juga dalam perencaan yang sudah disusun oleh petugas program.

 

PERFORMANCE OF NUTRITION PROGRAM OFFICERS IN PUSKESMAS PADANG BULAN MEDAN IN YEAR 2019

Performance is a description of the level achievement of the implementation of an activity program or internal policy realizing the organization poured through strategic planning of an organization. The purpose of this study was to analyze the performance of program officers nutrition at Padang Bulan Medan Health Center. The type of research used in this research was qualitative research with a case study. Research conducted from July 2018 to January 2019. Informants in the study this were 3 people. The results showed that the performance of informants in the nutrition program both inside and outside the building was good enough, the informants also had sufficient ability to carry out activities, informants were highly motivated and its performance was quite good, but who being a problem in the performance of officers was a lack of support from the head of the puskesmas in impleminting the nutrition program at the puskesmas. It was suggested to the head of the puskesmas to give attention towards nutrition programs, both in implementation and also in planning already arranged by program officers.


Keywords


Kinerja; nutrition; performance; petugas program gizi; program officer; puskesmas

Full Text:

PDF

References


Insanarif, Ahmad Zainul. Manajemen pelayanan publik. Jakarta: Erlangga; 2014.

Siagian SP. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2012

Rahmi T. Pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Fatima Kabupaten Tana Toraja. J Manusia Kesehatan. 2013;1(3):11–21.

Permenkes 75 tahun 2014, tentang Puskesmas (diunduh 10 September 2018). Tersedia dari: https://www.academia.edu/10758726/ lampiran_Permenkes_75_Tahun_2014_ Tentang_Puskesmas

Muninjaya A, Gde A. Manajemen kesehatan. Edisi ke-2. Jakarta: EGC; 2012.

Riza Zulfina. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas pelaksana farmasi di Puskesmas Induk Kabupaten Aceh Selatan. (diunduh 10 September 2018). Tersedia dari: http://www.ejournal.uui.ac.id/jurnal/RIZA_ZULFINA-6yp-jrnal_riza_zulfina.pdf.

Ilahiyah ME. Rancangan balanced scorecard sebagai alat eksekusi startegi pada Perguruan Tinggi Swasta X di Surabaya. (diunduh 10 September 2018). Tersedia dari: http://repository.unair.ac.id/55448/25/MAR_27A_ELTHAF_ILAHIYAH-min.pdf

Mathis RL, Jacson JH. Human research management, Edisi ke-10 Jakarta: Salemba Empat; 2006

Anita. Manajemen pelayanan kesehatan. Yogyakarta:EGC; 2013.

Ilyas, Yaslil. Kinerja (teori penilaian dan penelitian). Jakarta: FKM UI; 2013.

Wijaya IGK. Hubungan motivasi kerja dan kinerja petugas pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng. Forum Ilmiah. 2015;12(1):2015.

Riza Zulfina. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas pelaksana farmasi di Puskesmas Induk Kabupaten Aceh Selatan. (diunduh 10 September 2018). Tersedia dari: http://www.ejournal.uui.ac.id/jurnal/RIZA_ZULFINA-6yp-jrnal_riza_zulfina.pdf

Muhammad Iqbal Fahlevi. Pengaruh kompetensi petugas terhadap kinerja pelayanan kesehatan di Puskesmas Peureumeue Kabupaten Aceh Barat. (diunduh 10 September 2018). Tersedia dari: http://eprints.uad.ac.id/5420/

Noviarini P. Hubungan motivasi dengan kinerja petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sragen. 2012;6(2):13–24.

Mangkunegara PA. Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT Rifika Aditama; 2012.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v1i2.4805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.