Efektivitas Intervensi Mindfulness Based Cognitive Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Sosial Pada Korban Bullying Di Kota Bandung

Raden Muhammad Ibnu Ramadhan, Eneng Nurlaili Wangi, Siti Qadariah

Abstract


Perundungan (bullying) merupakan salah satu perilaku yang muncul dalam berelasi dengan orang lain dan sering kali terjadi pada setting sekolah di berbagai jenjang. Korban perundungan selama masa kanak-kanak memiliki hubungan sosial yang lebih buruk, kesulitan ekonomi, dan masalah kesehatan yang lebih banyak pada usia 19 sampai 40 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengalami perundungan. Konsekuensi dari perundungan selama masa kanak-kanak dapat mencangkup permasalahan sosial, salah satunya adalah kecemasan sosial. Kecemasan sosial didefinisikan sebagai pengalaman kognisi dan perasaan yang muncul karena adanya persepsi dievaluasi negatif oleh orang lain yang mencakup ketergugahan fisiologis yang tidak menyenangkan dan perasaan takut yang muncul ketika berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai bagaimana efektifitas Mindfullness Based Cognitive Therapy dapat membantu menurunkan kecemasan sosial pada korban bullying di Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah one group design pretest-posttest, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang. Berdasarkan hasil pengukuran dan hasil analisis menggunakan uji statistika non-parametrik Wilcoxon Signed Rank, didapatkan hasil p value sebesar 0,043 dengan taraf kepercayaan ɑ =  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan tingkat kecemasan sosial secara signifikan pada korban bullying di Kota Bandung setelah diberikannya intervensi Mindfulness Based Cognitive Therapy (MBCT).

Kata Kunci : Mindfulness Based Cognitive Therapy, Kecemasan Sosial, Korban Perundungan.


Keywords


Mindfulness based cognitive therapy, kecemasan sosial, korban perundungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v4i1.9033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.