PENGEMBANGAN PELAYANAN PADA IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN V MODEL SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)

Farida Nur Machmud, Tasya Aspiranti, Handri Handri

Abstract


Pencatatan dan pelaporan KIA dengan System Development Life Cycle (SDLC) dalam pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data ANC secara elektronik mencakup registrasi; anamnesis; pemeriksaan fisik; laboratorium; skrining risiko kehamilan; penatalaksanaan; diagnosis dan tindak lanjut pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi digital dengan menggunakan V Model SDLC (System Development Life Cycle) untuk meningkatkan pelayanan pada ibu hamil. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif design and creation dengan pendekatan studi kasus. Metode perancangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan model proses V shaped. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai bentuk  analisis  dari  desain  mengungkap kebutuhan-kebutuhan  dengan menggunakan panduan aplikasi Antenatal Care ini serta berhasil mengembangkan sistem pelayanan pada ibu dengan menggunakan V Model SDLC yang dapat  memenuhi  standar  minimal  Antenatal  Care  10 T  yang  mudah digunakan.  Hal ini dibuktikan dengan nilai system usability scale yang tinggi, yaitu B, pada setiap klien yang menggunakan aplikasi ini, dapat disimpulkan aplikasi ini sangat membantu dan mempermudah dalam melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care), sehingga ibu hamil dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya dan juga kesehatan ibu hamil dapat terpantau dengan baik.


Keywords


Pelayanan pada ibu hamil, V Model, System Development Life Cycle (SDLC)

Full Text:

PDF

References


Ai Yeyeh & Yulianti, 2014. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta : Trans Info Medika.

Arifianto, 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.

Hanafiah, 2008. Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBP-SP.

Susanti, 2015. Asuhan Ibu dalam Masa Kehamilan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Wagiyo & Putrono, 2016. Asuhan Keperawatan Antenatal, Intranatal & bayi baru lahir fisiologis dan patologis. Yogyakata :CV.Andi.

Wiknjosastro, 2008. Buku Acuan Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: Jaringan Nasional Pelatihan Klinik Kesehatan Reproduksi Departemen Kesehatan RI.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v4i1.9447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.