Pesan: Tinjauan Bahasa, Semiotika, dan Hermeneutika

Teguh Ratmanto

Abstract


Pesan merupakan salah satu unsur penting dalam komunikasi. Pesan komunikasi dikemas melalui bahasa, verbal atau nonverbal. Setiap bahasa memiliki kemampuan yang berbeda dalam merepresentasikan realitas, dan pada gilirannya ia juga mempengaruhi cara orang memandang realitas. Dalam tinjauan semiotika, pesan merupakan sebuah tanda. Tanda menunjukkan konsep yang sekaligus memuat makna tertentu. Makna memiliki beberapa
lapisan, sesuai dengan konteks sosial dari tanda. Menurut hermeneutika, pesan akan dipahami maknanya berdasarkan bahasa pemahaman penerima, tidak melulu tergantung pada apa yang dimaksudkan sumber pesan. Pesan dapat dinalisis maknanya ke tingkat yang mendalam. Hermeneutika menyediakan seni dan metode untuk menginterpretasikan suatu pesan.

References


Appigananesi, Richard. 1997. Semiotics for Beginner. Cambridge: Icon Bokks Ltd.

Berten, Kees. 2000. Filsafat Barat Abad XX: Jilid II Prancis. Jakarta: Gramedia.

Howard, Roy J. 2000. Hermeneutika. Penerjernah: Kusmana dan M.S. Nasrullah. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remadja Rosda Karya.

Palmer, Richard E. 1969. Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. Evanston: Northwestern University Press.

Poespoprodjo, Wasito. 1993. Interpretasi. Bandung: Remadja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 1989. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Rosda Karya.

Wuisman, J.J.J.M. 1996. Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Jilid 1: Asas-asas. Jakarta: LPFEUI.

Zoest, Aart van. 1993. Semiotika. Penerjemah: Ani Soekowati. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i1.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License