Merancang Kampanye Pemilu

Azis Taufik Hirzi

Abstract


Pemilu merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan demokrasi, karena pada saat itulah rakyat berkesempatan mencurahkan segala aspirasinya kepada para kandidat/politisi dalam rangka membangun bangsa. Dalam kampanye, masalah program mestinya menjadi perhatian serius kandidat karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Program yang dimaksud adalah program kandidat yang akan ditawarkan kepada konstituen dan akan diperjuangkan pada saat kandidat terpilih. Pemilihan Umum di Indonesia, khususnya Pemilu Presiden yang menggunakan sistem baru ini, dapat dikatakan sebagai pembelajaran bagi kandidat, rakyat, dan pemerintah, walaupun dalam kampanye di televisi belum ada debat antarkandidat, selain kampanye monolog atau dialog antara kandidat dengan penonton di studio. Perancang acara yang tergabung dalam tim sukses/manajemen kampanye harus merancang acara kampanye dengan memperhatikan waktu, tempat, materi kampanye, dan metode kampanye (monolog/dialog/diskusi), serta sifat kampanye (tertutup-terbatas, terbuka-massal). Tim kampanye perlu memperhatikan segmentasi dari khalayak sasaran. Keragaman mereka dalam berbagai hal menuntut pendekatan yang beragam pula. Sebuah kontestan politik harus menciptakan gaya dan standar komunikasi melalui simbol-simbol, acara, dan retorika.

Keywords


Manajemen, kampanye

References


Broder, David S. 1992. Berita di Balik Berita. Terjemahan Lilian Tedjasudhana. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nimmo, Dan. 1989. Komunikasi Politik: Komunikator Pesan, dan Media. Terjemahan Tjun Surjaman, Bandung: Remadja Kaya.

______. 1989. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Terjemahan Tjun Surjaman. Bandung: Remadja Karya.

Nursal, Adman. 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soekanto, Soerjono. 1992. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wright, Charles R. 1988. Sosiologi Komunikasi Massa. Terjemahan Lilawati Trimo dan Jalaluddin Rakhmat, Bandung: Remadja Karya.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i1.1099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License