Konstelasi Paradigma Objektif dan Subjektif dalam Penelitian Komunikasi dan Sosial

O Hasbiansyah

Abstract


Paradigma berkaitan dengan cara memandang terhadap realitas. Realitas yang sama akan tampak berbeda bila dilihat dengan paradigma yang berbeda. Dalam ilmu sosial dan komunikasi, terdapat sejumlah paradigma, biasanya secara sederhana dikelompokkan secara dikotomis ke dalam paradigma objektif, yang lebih populer dengan istilah kuantitatif, dan subjektif, yang lebih dikenal dengan sebutan kualitatif. Paradigma objektif memandang bahwa realitas itu tunggal dan objektif, kebenaran itu bersifat universal, ilmu dikembangkan dalam konteks yang bebas nilai. Paradigma subjektif memandang realitas sebagai majemuk, hasil konstruksi sosial, dan kebenaran yang diperoleh itu sifatnya relatif yang hanya berlaku pada wilayah geografis tertentu, serta ilmu dikembangkan tidak bebas nilia. Paradigma mengimplikasikan pada metode peneltian. Dalam paradigma objektif dikenal, antara lain, metode peneltian survei dan eksperimen. Dalam paradigma subjektif, dikenal, atara lain, pendekatan fenomenologi, studi kasus, etnografi, biografi, grounded theory.

Keywords


subjektif, objektif, metodologi

References


Alwasilah, A.C. 2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya bekejasama dengan Pusat Studi Sunda.

Berger, Arthur Asa. 2000. Media and Communication

Research Methods: An Introduction to Qualitative and Quantitative Approach. London: Sage Publications.

Bryman, Alan. 2001. Sosial Research Methods. New York: Oxford University Press.

Cresswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Chosing among Five Traditions. London: Sage Publications, Inc.

_____. 2002. Design Penelitian: Pendekatan Kualitatif dan Kantitatif. (Terj. Angkatan III dan IV KIK-UI bekerjasama dengan Nur Khabibah, dari judul asli: Research Design,

Qualitative & Quatitiative Approaches. Sage Publications, Inc., 1994). Jakarta: KIK Press.

Denzin, N.K. dan Y.S. Lincoln. 1988. The Lanscape of Qualitative Research: Theories and Issues. London: Sage Publications.

Guba, E.G. dan Lincoln Y.S. 1998. “Competing Paradigms

in Qualitative Research,’ in Norman K. Denzin and Yvonne S. Lincoln .eds. The Landscape of Qualititative Research: Theories and Issues. London: SAGE Publications.

Hidayat, D.N. 2002. “Metodologi Penelitian dalam Sebuah Multi-Paradigm Sciens,” Jurnal Komunikasi MediaTor Volume 3 Nomor 2, 2002.

_______. 2002. “Pelatihan Riset Komunikasi Kuantitatif,” Puska Komunikasi UI, Jakarta.

Marshal, C. dan G..B. Rossman. 1995. Degiging Qualitaif Research. 2th Edition. London: Sage Publications.

Marshal, C. dan G.B. Rossman. 1995. Designing Qualitative Research. London: SAGE Publications.

Moustakas, C. 1994. Phenomenolgical Research Methods. London: SAGE Publications.

Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmi Sposial Lainnya.

Bandung: Rosda.

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research

& Evaluation Methods. 3rd Edition. London: Sage Publications.

Piliang, Y.A. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

______. 2004. “Semiotika Teks: Sebuah Pendekatan Analisis Teks,” Makalah disampaikan dalam Seminar Penelitian Kualitatif Jurusan Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu

Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, 12 Januari 2004.

Rakhmat, J. 1996. Metode Penelitan Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

______. 2004. “Karakteristik Penelitian Kualitatif: Suatu Pengantar,” Hand out disampaikan dalam Seminar Penelitian Kualitatif Jurusan Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu

Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, 12 Januari 2004.

Ritzer, George. 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Cetakana ke-4.

Saduran Alimandan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rodakarya.

Spradley, J.P. 1997. Metode Penelitan Etnografi. Terj. Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Stempel III, G.H. 1983. Analisis Isi. Terj. Jalaluddin Rakhmat dan Arko Kasta Sukatendel. Bandung: Arai Komunikasi.

Yin, R. 2000. Studi Kasus (Desain dan Model).

Cetakan ke-3. Terj. M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License