Ragam Etika Bahasa Komunikasi: Perspektif Qur’ani

Wildan Yahya

Abstract


Penyampaian pesan dengan tutur kata yang arif dan bijaksana akan membantu tercapainya tujuan. Di dalam al-Qur‘an, diungkapkan aneka ragam etika bahasa komunikasi yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi. Aneka ragam etika bahasa itu adalah: (1) Qaulan ma’rûfâ, tutur kata yang baik sesuai dengan adat atau tradisi yang berlaku; (2) Qaulan sadîdâ, perkataan yang benar dan tepat; (3) Qaulan balîghâ, susunan bahasa yang efektif dan membekas; (4) Qaulan karîmâ, ungkapan kata yang santun dan mulia; (5) Qaulan layyinâ, tutur bahasa yang halus dan lemah lembut; (6) Qaulan maisûrâ, percakapan yang mudah dan sederhana; dan (7) Qaulan tsaqîlâ, perkataan yang menggetarkan dan berbobot.

Keywords


etika bahasa, Komunikasi Qur'ani

References


Al-Qur‘ân al-Karîm.

Ashfahânî, al-Râghib al-. Mu’jam Mufradât al-Fâdz al-Qur‘ân, Dâr al-Fikr, Beirut, Libanon.

‘Alî al-Shâbûni, Muhammad. Shafwat al-Tafâsîr, Dar al-Firk, Beirut Libanon.

Irving M. & Gold, James A. 1971. Reading on Logic. New York: Macmillan Publishing.

Jalâluddîn bin Ahmad bin Muhammad al-Mahallî, Jalâluddîn ‘Abdurrahmân bin Abi Ka’ab al-Suyûthî. 1993. Tafsir al-Jalâlain, Idârat al-Iftinâ` al-‘Âm.

Muhammad Fu‘âd ‘Abdul Bâqî. al-Mu’jam al-Mufahrasy Li al-Fâdz al-Qur‘ân, Penerbit Dahlan, Indonesia.

Randall & Buchler. 1964. Introduction to Philosophy, New York: Barnes and Noble.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License