Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran

Dinar Nur Inten

Abstract


Abstrak: Keterampilan berkomunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan anak. Anak dapat menyampaikan berbagai hal yang ada dalam pikiran dan imajinasinya melalui keterampilan berkomunikasi yang ia miliki. Dalam penelitian ini metode bermain peran digunakan sebagai alternatif metode pengajaran untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran disampaikan melalui metode bermain peran, anak-anak dapat menyampaikan ide-ide yang mereka miliki dengan lebih baik sehingga keterampilan komunikasi anakpun berkembang dengan optimal.

 

Kata kunci: keterampilan berkomunikasi, anak usia dini, metode bermain peran

 

Abstract: Communication skills have an important role in children’s life. Children convey their mind and imagination through communication skills they have. In this study role play is used as an alternative teaching method to develop early childhood communication skills. The results showed that after learning through role play method, children expressed their ideas better thus their communication skills developed optimally.

 

Keywords: communication skills, early childhood, role play

Full Text:

PDF

References


Beaty. J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Dhinie, dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Doughherty.D. (2003). Bagaimana berbicara dengan bayi anda. Jakarta : Anak Prestasi Pustaka

Irawati. I. (2012). Ayo Bicara. Bekasi : Pustaka Inti.

Iriantara. Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung : Simbiosa.

Inten. D. (2015). Mengenalkan Literasi untuk Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Prosiding Seminar Nasional “ Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi. Vol 1 Desember Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Junita. I. (2009). Prinsip Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Belajar Anak. Bandung : Simbiosa.

Madyawati. L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : Kencana.

Musthafa. B. (2008). Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi. Jakarta : Yayasan CREST.

Otto. B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Petersen & Wittmer (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Solehuddin. M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung : IKIP.

Suryadi. E. (2010). Model Komunikasi Efektif bagi Pengembangan Kemampuan berpikir Kreatif Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8 No 3 September-Desember 2010.

Pramesti.(2004).http://www.kla.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=129:kondisi-lingkungan-bermain-anak&catid=56:artikel&Itemid=77

Wiguna.http://health.kompas.com/read/2013/05/01/14171091/Kenap.Balita.Tak.Boleh.Akrab.dengan.Gadget.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License