Strategi Penanganan Krisis Kepariwisataan dalam Kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Nani Kurniasari

Abstract


 Sebagai salah satu negara yang terletak di lempengan Indo-Australia dan Eurasia, Indonesia rawan terhadap berbagai jenis bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi yang seringkali diikuti oleh tsunami. Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tidak terkecuali di wilayah-wilayah yang menjadi destinasi wisata. Ketika bencana alam melanda objek wisata Indonesia, saat itu pula organisasi kepariwisataan Indonesia mengalami krisis, di antaranya adalah objek wisata itu sendiri, hotel, restoran, dan semua organisasi terkait lainnya. Maka dari itu diperlukan penanggulangan krisis yang tepat. Penelitian ini berusaha mengamati strategi penanganan krisis yang terjadi di sektor pariwisata Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Menggunakan paradigma post-positivistik, penelitian ini dekati secara kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif melalui wawancara mendalam kepada informan terpilih, yaitu unsur pengarah BNPB Indonesia. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Indonesia menangani krisis di sektor pariwisata dengan beberapa tahap seperti rehabilitasi, rekonstruksi, dan recovery (pemulihan) hingga build back better.

Keywords


bencana alam, kebijakan, krisis, pariwisata, strategi

Full Text:

PDF

References


Abrar, A. N. (2008). Kebijakan Komunikasi: Konsep, Hakekat dan Praktek. Yogyakarta: Gava Media.

Danim, S. (2005). Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dunn, W. N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Islamy, M. I. (2002). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Kandun, I. N. (2014). Wawancara personal, dilakukan satu kali di Sekretariat Fetp Indonesia, Ditjen PPPL. Jl. Percetakan Negara No. 29 10560.

Mukhtar. (2007). Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah: panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nugroho, R. D. (2012). Public Policy. Edisi keempat revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Poerwandari, E. K. (2011). Pendekatan Kualitatif. Edisi ketiga. Depok: lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Universitas Indonesia. Putt, Allen D. dan J. Fred Springer. (1989). Policy Research; Concepts, Methods, and Application. New Jersey: Prentice Hall.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik (Pusdatin Kemenparekraf & BPS) Perkembangan Wisatawan Mancanegara 2008-2012.

Smith, R. D. (2002). Strategic Planning for Public Relation. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Assosiates.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License