Strategi Komunikasi Deteksi Dini Kanker Serviks

Rina Mariana

Abstract


Strategi komunikasi yang baik dan terencana bukan hanya alat untuk memberikan pengetahuan dan edukasi, tapi lebih dari itu sarat muatan persuasi yang dapat mendorong target khalayaknya bertindak sesuai dengan tujuan komunikasi yang telah ditetapkan.  Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia sering dikaitkan dengan masih rendahnya tingkat kesadaran perempuan di Indonesia untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun sebuah strategi komunikasi sebagai upaya mendukung program kesehatan deteksi dini kanker serviks berupa pemeriksaan IVA atau papsmear  dengan mengacu kepada deskripsi sikap awal dari para responden penelitian.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.  PHasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan terhadap deteksi dini kanker serviks masih rendah sejalan dengan sangat rendahnya perilaku responden dalam melakukan pemeriksaan dini kanker serviks sehingga dibutuhkan suatu strategi komunikasi agar program kesehatan tersebut dapat diterima oleh masayarakat luas.

 

Kata kunci : deteksi, kanker, komunikasi, serviks, strategi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Cancer, Communication, Detection Strategic, Persuasive,



DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License