Event sebagai Media Komunikasi Pemasaran: Studi Kasus Event Tahunan Carnival SMA PKP JIS

Yayat Wahyat Herianto, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Event merupakan bentuk transformasi ekonomi dan kultural tentang pentingnya memperingati dan merayakan sesuatu di dunia secara berbeda. Event merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi dalam kurun waktu tertentu dengan cara mendatangkan orang-orang agar memperoleh informasi atau pengalaman penting. Event bagi sekolah merupakan media komunikasi pemasaran yang tujuan akhirnya adalah promosi dan peningkatan merk sekolah. Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, SMA PKP Jakarta Islamic School memiliki kegiatan unggulan yang diberi nama Carnival. Event tahunan tersebut bertujuan memberi ruang pada kreativitas siswa, kompetisi di bidang olah raga dan seni, mengenalkan sekolah, dan dalam rangka organisasi branding. Event juga berdampak pada pembentukan identitas cultural dan jaringan. Secara akademis even kini juga menjadi bahan kajian dan riset yang menarik untuk digunakan dalam model pembelajaran yang memadukan antara teori dan praktek. Peneliti yang juga sebagai staf pengajar di sekolah tersebut merasa tertarik untuk mengkajinya dengan menggunakan metode studi kasus. Tulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan suatu peristiwa tertentu.

Keywords


event, komunikasi pemasaran, carnival

References


Brown, S., & James, J. (2011). Event design and management: ritual sacrifice? In Festival and Events Management. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-5872-0.50009-0

Castells M. (1997). Castells- the power of identity Book review. Society.

Cerulo, K. A. (1997). Ueber den diagnostischen Wert und die kortikale Lokalisation des Oppenheimschen Reflexes. Identity Contruction, 53(48), 2022–2023. https://doi.org/10.1055/s-0028-1127025

Crowther, P. (2011). Marketing event outcomes: From tactical to strategic. International Journal of Event and Festival Management, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.1108/17582951111116623

Getz, D., Andersson, T., & Carlsen, J. (2010). Festival management studies: Developing a framework and priorities for comparative and cross-cultural research. International Journal of Event and Festival Management. https://doi.org/10.1108/17852951011029298

Jannah, R. (2012). Jember Fashion Carnival: Konstruksi Identitas dalam Masyarakat Jaringan R a u d l a t u l J a n n a h. Jember Fashion Carnival. Retrieved from www.jemberfahsioncarnival.com

Kose, H., Argan, M., & Argan, M. (2011). Special Event Management and Event Marketing: A case study of TKBL all star 2011 in Turkey. Journal of Management and Marketing Research, 8(1), 1–11.

Pan, B., Pan, B., & Huan, T. C. (2013). New perspectives on festival and events research. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 7(2), 115–117. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-04-2013-0018

Rahma, A. (2017). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Journal of Communication (Nyimak), 1(Juni), 9.

Slaughter, L. (2013). No Title. Event Management Eduation in Finland.

Wu, S.-I. (2016). Competing Model of Event Marketing Activities. International Journal of Marketing Studies, 8(4), 52. https://doi.org/10.5539/ijms.v8n4p52

Bungin, M Burhan, 2017, Penelitian Kualitatif, Penerbit Kencana

Hermawan, Agus, 2012, Komunikasi Pemasaran, Penerbit Erlangga

Iriantara, Yosal, 2017, Komunikasi Kepemimpinan Pendidikan, Penerbit Simbiosa Rekatama Media

Juni, Doni Priansa, 2017, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penerbit Pustaka Setia Warta Waska, 2012, Manajemen Reputasi, Penerbit Simbiosa Rekatama Media

Noor, Any, 2017, Manajemen Event, Penerbit Alfabeta

Suciati, 2017, Teori Komunikasi dalam multi perspektif, Penerbit Buku Litera Yogyakarta

Swasty, Wirania, 2016, Branding, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Syam, Nina W, 2013, Model-model Komunikasi : Perspektif Pohon Komunikasi, Penerbit Simbiosa Rekatama Media

Yusuf Amri, 2018, Budaya Korporasi : Elemen Fundameltal Transformasi Korporasi, Penerbit Buku Kompas

Wawancara:

Ariq Yudistira ,Ketua OSIS SMA PKP JIS Tahun Ajaran 2018/2019

Silvia Boneta (Sibo) .Mahasiswa Prodi Event Management Universitas Prasetiya Mulya




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License