Model Penguatan Nilai-nilai Spiritual dalam E-learning melalui Standar Literasi Media Pendidikan Online

Rila Setyaningsih, Abdullah Abdullah, Edy Prihantoro, Hustinawaty Hustinawaty

Abstract


Munculnya era digital membawa berbagai perubahan dan dampak positif dalam kehidupan manusia. Di sisi lain era digital menghasilkan dampak negatif yang menjadi tantangan dalam aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, bahkan pendidikan. Era digital bukan persoalan siap atau tidak, bukan juga menjadi sebuah pilihan akan tetapi sudah merupakan suatu konsekuensi. Maka tidak ada pilihan lain selain menguasai dan mengendalikan teknologi dengan baik dan benar agar memberi manfaat yang sebesar-besarnya, salah satunya dengan upaya menguatkan nilai-nilai spiritual para pengguna media digital terutama dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model penguatan nilai-nilai spiritual dalam e-learning berdasarkan standar literasi media pendidikan online di Universitas Darussalam Gontor . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan pemangku kebijakan di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam Gontor. Hasil penelitian berupa model penguatan nilai-nilai spiritual dalam e-learning berdasarkan standar literasi media pendidikan online di Universitas Darussalam Gontor. Model penguatan nilai-nilai spiritual dalam e-learning dikaji berdasarkan tujuh standar literasi media online meliputi prinsip produksi konten, etika distribusi informasi, jaminan akurasi dan komitmen anti hoak, spirit amar ma’ruf nahi munkar, asas hikmah dalam dakwah, prinsip dalam interaksi digital, dan prinsip kebebasan. Kontribusi penelitian ini berupa model penguatan nilai-nilai spiritual dalam e-learning berdasarkan standar literasi media pendidikan online di Universitas Darussalam Gontor.

Keywords


model, nilai spiritual, e-learning, literasi media online

Full Text:

PDF

References


Adiprasetio, Justito. Gumilar, Gumgum, H. dan N. M. (2017). HOAX, REPRODUKSI DAN PERSEBARAN: SUATU PENELUSURAN LITERATUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 271–278.

Amran, Ali. (2012). Dakwah dan Perubahan Sosial. Jurnal Hikmah, VI (1), 68-86.

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bashori, Agus Hasan dan Syafri, Ulil Amri. (2016). Studi Kritis Konsep Sanad Kitab Najh Al-Balaghah Sebagai Upaya Membangun Budaya Tabayyun Dalam Keilmuan Islam. El Harakah, 18(2), 163-183.

Ghafur, Waryono Abdul. (2014). Dakwah Bil-Hikmah Di Era Informasi Dan Globalisasi Berdakwah Di Masyarakat Baru. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(2), 236258.

Jenkins, Peggy Joy. (2010). Mengembangkan Nilai-Nilai Spiritual Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pusaka.

Mansur, AH; Husaini, Adian; Mujahidin, Endin dan Tafsir, Ahmad. (2016). Model Pengajaran Karakter Kejujuran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ta’dibuna Jurnal Pemikiran Islam, 5(1), 1-25.

Margianto, J.Heru dan Syaefullah, Asep. (2006). Media Online: Pembaca, Laba, dan Etika: Problematika Praktik Jurnalisme Online di Indonesia. Majalah Pusat Dokumentasi ELSAM. Jakarta: AJI Indonesia.

Moleong, Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Murdiono, Mukhamad. (2010). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, 99111.

Setiawan, Wawan. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017, ISBN.978602-50088-0-1.

Sholihah, Ummu. (2012). Peran ICT Dalam Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. Cendekia, 10(1), 15-28.

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Watie, Errika Dwi Setya. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. The Messenger, III(1), 69-74.

Yulinti; Hamdan, Stephani Raihana; Putri, Dian Widya. (2018). MediaTor, Vol 11 (2), 177-187.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License