Infografis Sebagai Pendukung Berita In-depth Dalam Situs Berita Online

Riyanti Hayuning Pratiwi, Ferry Darmawan

Abstract


Tirto.id merupakan situs berita online yang dikenal dengan infografisnya. Informasi yang dimuat dalam Tirto.id umumnya merupakan laporan in-depth yang memiliki karakteristik tulisan dengan durasi panjang. Salah satu berita yang menarik adalah mengenai penjarahan bangkai kapal perang di perairan Indonesia berjudul “Misteri Raibnya Bangkai Kapal Perang Belanda di Laut Jawa” edisi 18 Januari 2018. Berita tersebut mnejadi laporan eksklusif Tirto.id. dengan durasi tulisan yang cukup panjang. Namun, kehadiran infografis merupakan satu cara memahami berita yang panjang lebih mudah dan cepat. Menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertujuan melihat fungsi infografis dalam berita in-depth. Hasil yang ditemukan adalah: (1) Infografis yang disajikan Tirto.id pada tulisan in-depth-nya memiliki beberapa karakteristik seperti penggunaan layout yang lebih formal dibandingkan layout infografis berita lainnya, data yang diinput memuat nilai berita, dan penggunaan warna-warna cerah serta ilustrasi yang menarik; (2) Kedalaman informasi yang disuguhkan infografis in-depth dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan kedalaman berita itu sendiri, namun antara infografis dan isinya merupakan kesatuan yang saling melengkapi; (3) Penggunaan infografis dalam sebuah berita in-depth tidak lain sebagai penarik perhatian pembaca.

Keywords


case study, in-depth reportage, mystery, graphic design

References


Anggraini, L., & Nathalia, K. (2016). Desain Komunikasi Visual, Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendikia.

Arigia Trie; Sani, Anwar, M. B. D. (2016). Infografis Sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia. Jurnal Komunikasi, (Vol 8, No 2 (2016): Jurnal Komunikasi), 120–133.

Berger, A. A. (2008). Seeing is Believing, An Introduction to Visual Communication. New York: McGraw-Hill.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Lankow, J., Ritchie, J., & Crooks, R. (2014). Infographics The Power of Visual Storytelling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. J. (2000). Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(3), 163–218.

Taufik, M. (2012). Infografis Sebagai Bahasa Visual Pada. Techno.COM, 11(4), 156–163.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Yin, R. K. (2003). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License