MAKNA IDENTITAS BUDAYA DAN KONFLIK ANTARETNIS DALAM FILM “CRAZY RICH ASIANS”

Muhammad Abdurrahman Arsi, Alex Sobur

Abstract


Penelitian berjudul “Makna Identitas Budaya dan Konflik Antaretnis dalam film Crazy Rich Asians” ini bertujuan untuk mengetahui makna identitas budaya Asia-Amerika dan konflik yang tersembunyi di balik narasi film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis semiotika naratif Greimas serta meminjam pemikiran Christian Metz tentang semiotika film. Semiotika naratif Greimas adalah sebuah teori dan metode yang dapat digunakan untuk mencari tanda-tanda di dalam teks naratif, baik yang tersurat pada struktur penceritaan, maupun yang tersirat pada struktur batin teks tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa makna identitas budaya Asia-Amerika dan konflik digambarkan melalui struktur luar penceritaan yang direpresentasikan melalui enam aktan, yakni sender, receiver, subject, object, dan traitor. Melalui aktan traitor (penghambat) diketahui bahwa kekuatan yang menghalangi subjek dalam meraih objeknya adalah prasangka, status sosial, dan dendam personal, sedangkan kekuatan yang mendukung subjek dalam menghadapi hambatan tersebut adalah cinta dan keberanian. Melalui skema fungsional, dinamika konflik dapat tergambar melalui urutan peristiwa kisah. Setelah melakukan analisis struktur batin dengan menggunakan semiotic square, diketahui bahwa tema utama yang mendasari struktur luar penceritaan adalah dikotomi antara Barat/Timur serta keberanian/ketakutan, berikut dengan subterm yang menegasikan dan mengimplikasikan kedua term utama.

Keywords


semiotika naratif; Greimas; identitas budaya; konflik; film

References


Allifiansyah, S. (2017). Oposisi Biner Kesejarahan Indonesia Periode Revolusi Fisik (1945-1949) dalam Film “Soegija” (2012) & “Sang Kiai” (2013). Semiotika: Jurnal Komunikasi, 11(1), 163-200. Diakses 9 Oktober, 2018, dari: https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/955/845

Au, A. (2018). Crazy Rich Asians is just a movie. Let’s not confuse Hollywood with reality. South China Morning Post – Hong Kong. Diperoleh pada 5 Oktober, 2018, dari: https://www.scmp.com/comment/insight-opinion/hong-kong/article/2162646/crazy-rich-asians-just-movie-lets-not-confuse

Badruzzaman, M. (2017). Analisis Narasi Fungsi Karakter Makna Perjuangan dalam Film “Surat dari Praha.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diperoleh dari: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38225/1/MUHAMMAD%20BADRUZZAMAN-FDK.pdf

Chan, V. (2018). We Need to Talk About the ‘Crazy Rich Asians’ Stereotype. Flare – TV & Movies. Diperoleh 11 Januari, 2019, dari:https://www.flare.com/tv-movies/crazy-rich-asians-racism-vancouver/

Cohan & Shires, L. M. (1988). Telling Stories: A theoritical analysis of narrative fiction. Routledge: London & New York

Danesi, M. (2013). Encyclopedia of Media and Communication. Canada: University of Toronto Press

Eriyanto (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana.

Fernandez, P. W. (2013). Komodifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1). Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/182

Gasella, S. (2018). Crazy Rich Asians: Bukan Komedi-Romantis yang Gitu-Gitu Aja. Kumparan. Diperoleh 13 Oktober, 2018, dari: https://kumparan.com/shandy-gasella/crazy-rich-asians-bukan-komedi-romantis-yang-gitu-gitu-aja-1536816825957055505

Go, F.P. (2013). Representasi Stereotipe Perempuan dalam Film “Brave.” Jurnal e-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 1(2). Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/889

Greimas, A.J. & Courtés, J. (1982). Semiotics and Language: An Analytical Dictionary. (Larry Crist, et al. Trans.). Bloomington: Indiana University Press

Hèrbert, L. (2011). Tools for Text and Image Analysis an Introduction to Applied Semiotics (Julie Tabler, trans.). Rimouski: Université du Québec à Rimouski

Jusuf, W. (2018). Film Crazy Rich Asians: Romansa Basi yang Tertolong oleh Komedi. Tirto.id. Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: https://tirto.id/film-crazy-rich-asians-romansa-basi-yang-tertolong-oleh-komedi-cY3N

Lang, B. (2018). ‘Crazy Rich Asians’ Adaptation Lands at Warner Bros. (EXCLUSIVE). Variety. Diperoleh 22 Januari, 2019, dari: https://variety.com/2016/film/asia/crazy-rich-asians-movie-jon-chu-warner-bros-1201895221/

Lang, C. (2018). 'I Am Rooting For You.' Constance Wu Shares Why Crazy Rich Asians Is So Monumental. Time. Diperoleh 8 Oktober, 2018, dari: http://time.com/5355015/constance-wu-crazy-rich-asians-tweet/

Lee, J. & Zhou, M. (2004). Asian American Youth: Culture, Identity, and Ethnicity. New York: Routledge

Liliweri, A. (2018). Prasangka, Konflik, & Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Kencana

Mae, C. (2018). 'We're part of a greater movement': Hollywood finally gives Asian stories a spotlight. The Guardian. Diperoleh 11 Januari, 2019, dari: https://www.theguardian.com/film/2018/aug/15/hollywood-asian-stories-crazy-rich-asians-to-all-the-boys-ive-loved-before-kevin-kwan-jenny-han

Martin, B. & Ringham, F. (2000). Dictionary of Semiotics. London & New York: Casell

McKee, R. (1997). Story: Substance, Structure, Sryle, and the Principles of Screenwriting. NewYork: ReganBooks.

Metz, C. (1991). Film Language: A Semiotics of the Cinema. (Michael Taylor, trans.). Chicago: University of Chicago Press.

Nasrullah, R. (2013). Semiotika Naratif Greimasian dalam Iklan Busana Muslim. Jurnal Kawistara, 3(3). Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: https://journal.ugm.ac.id/kawistara/article/download/5219/4271

Ninik, F.R. (2018, September 16). Drama Kaum Superkaya. Kompas, p. 21

Nittle, N. K. (2018). 5 Asian American Stereotypes in TV and Film That Need to Die. Thought Co. Diperoleh pada 8 Oktober, 2018, dari: https://www.thoughtco.com/asian-american-stereotypes-in-t-film-2834652

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pambayun, E. L. (2013). One Stop Qualitative Research Methodology In Communication: Konsep, Panduan dan Aplikasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Pan, P. (2018). Asian Americans in Films: Why Are They Important? Publishous – Medium. Diperoleh 11 Januari, 2019, dari: https://medium.com/publishous/asian-americans-in-films-why-are-they-important-429ac90ef35e

Ritonga, R. (2013). Demonisasi Islam dalam Film ‘Tanda Tanya (?)’. Panggung, 23(3). Diperoleh pada 9 Oktober, 2018, dari: https://www.researchgate.net/publication/320421009

Rusmawati, F., & Sudrajat, R.H. (2015). Kasih Sayang Ayah dalam Film Analisa Naratif Film Miracle in Cell No.7 dengan Teori Algirdas Greimas. e-Proceeding of Management, 2(3). Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2459/2333

Said, E. W. (2010). Orientalisme: Menggugat Hegemoni Barat dan Mendudukkan Timur sebagai Subjek (Fawaid, A., trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sobur, A. (2014). Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, dan Aplikasi. Bandung: Rosda.

Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosda

Titscher, G., Meyer, M., Wodak, R. & Vetter, E. (2009). Metode Analisis Teks & Wacana. (Ibrahim, A.S., Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Truitt, B. (2018). Review: Spectacular 'Crazy Rich Asians' clinches a win for Hollywood representation. USA Today. Diperoleh 8 Oktober 2018, dari: https://www.usatoday.com/story/life/movies/2018/08/13/crazy-rich-asians-review-spectacular-win-representation/961063002/

Turner, W. (1993). Film as Social Practice – second edition. New Fetter Lane, London: Routledge

Vebrynda, R. (2015). Korupsi dalam Film Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2). Diperoleh pada 9 Oktober, 2018, dari: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/415

Wahjuwibowo, I.S. (2018). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi - Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media

West, R., & Turner, L.H. (2009). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. (Maer, M.N.D. trans.). Jakarta: Salemba Humanika

Wicaksono, I. P. (2013). Representasi Eksploitasi Perempuan dalam Iklan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2). Diperoleh 9 Oktober, 2018, dari: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/171/260

Zaimar, O.K.S. (2014). Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Depok: Komodo Books.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License