Analisis Komunikasi Antar Penggemar Seventeen Sebagai Cyberfandom Di Twitter

Eza Okta Afifah, Triarona Kusuma

Abstract


Artikel tentang “Analisis Komunikasi antar Penggemar Seventeen sebagai Cyberfandom di Twitter” berasal dari pengamatan fenomena penggemar grup K-Pop Seventeen di Twitter. Para penggemar Seventeen yang dikenal dengan Carat menggunakan Twitter sebagai media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi antar penggemar. Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah teori CMC, teori media baru dan teori komunitas virtual. Artikel ini menggunakan metode netnografi atau etnografi online yang dilakukan dengan wawancara dan observasi online terhadap aktivitas akun Twitter penggemar Seventeen. Artikel ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa penggemar Seventeen bertukar informasi dan berkomunikasi antar penggemar dengan menggunakan Twitter. Carat menggunakan fitur tweet, reply, quote tweet, retweet dan direct message untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi di Twitter.


Keywords


Twitter, Penggemar Seventeen, CMC, new media, kualitatif, netnografi, cyber community

References


Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma & Diskurs Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kakilangit Kencana.

Effendi, A. (2012, April 28). Leeteuk senang Konser SS4 INA pecahkan rekor, https://www.kapanlagi.com/showbiz/asian-star/leeteuk-senang-konser-ss4-ina-pecahkan-rekor.html/, diunduh pada 10 Juli 2017.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gooch, B. (2008) The Communication of Fan Culture: The Impact of New Media on Science Fiction and Fantasy Fandom (Undergraduate Thesis). Georgia Institute of Technology, https://smartech.gatech.edu/handle/1853/21818?show=full, diunduh pada 10 Juli 2017

Hidayati, L. (2017, April 5). Fans Geger Tiket Konser BTS di Jakarta, Langsung Sold Out, https://celebrity.okezone.com/read/2017/04/05/33/1659454/fans-geger-tiket-konser-bts-di-Jakarta-langsung-sold-out, diunduh pada 11 Juli 2017.

Honeycutt, C. & Susan, C.H., (2009). Beyond Microblogging: Conversation and Collaboration Via Twitter. Proceedings of The Forty-Second Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS-42). Los Alamitos, CA: IEEE Press.

Indriantoro, N. & Supomo, B. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Koranbogor.com. (2016, Juni 9). Tiket Seventeen Ludes Terjual, https://koranbogor.com/berita/2016/06/09/tiket-seventeen-ludes-terjual, diunduh pada 10 Juli 2017

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Etnographic Research Online. Thousands Oaks, CA: SAGE Publications.

Kusuma, R. S. & Sholihah, Z. (2018, Desember). Representasi Etnis Tionghoa dalam Film “Ku Kejar Cinta Ke Negeri Cina” dan “Ngenest”. Jurnal Mediator, 11 (2), 165-167.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi Antar-Personal. Jakarta: Kencana.

Maulana, A. E. (2009). Consumer Insight via Etnography. Jakarta: Penerbit Erlangga

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (Edisi ke-6). Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Severin, W.J & Tankard, J.W. (2008). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, Terapan. Jakarta, Indonesia. Prenada Media Kencana.

Shim, D. (2006). Hybridity and The Rise of Korean Popular Culture in Asia. Media, Culture and Society: SAGE Journals, 28 (1), 25-44.

Storey, J. (2008). Pengantar Komprehensif Teori dan Metode: Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Twitter Hyemingyu @uygnim [Gambar digital]. (2018). Diperoleh dari https://twitter.com/uygnim

Wood, N. T. & Solomon, M. R (Eds.) (2009): Virtual Social Identity and Consumer Behaviour. New York: M.E. Sharpe.

Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing. Sebastopol: O’Reily Media, Inc.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License