Local Newspaper Strategy to Survive in the Digital Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrar, A. N. (2011). Analisis Pers Teori dan Praktik. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.
Asyir, A.K., dan Nurbaya, S. (2019). Konvergensi Media dan Mediamorfosis : Strategi Digitalisasi Majalah Moeslim Choice dalam Proses Transformasi Basis Kerja. 1(1), 52–67. https://doi.org/http://doi.org/10.15408/jsj.v1.13949 A.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches (Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih Di Antara Lima Pendekatan),diterjemahkan oleh Lazuardi, A.L., Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Garini, T., & Besman, A. (2018). Praktik Jurnalisme Kloning di Kalangan Wartawan Online. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 1–9. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2736/pdf_1
Ishadi, S. K. (2010). “Manajemen Media Televisi di Tengah Perkembangan Teknologi dan Peran Ekonomi Politik Media di Indonesia”, dalam Potret Manajemen Media di Indonesia (D. A. Rahmitasari (ed.)). Yogyakarta: Total Media.
Kovach, B., dan Rosenstiel, T. (2003). The Elements of Journalisme (Sembilan Elemen Jurnalisme), diterjemahkan oleh Pareanom Y.A., Jakarta: Yayasan Pantau.
Kristanto, T. A. (2019). Media Cetak, Tak Cukup Dua Kaki. Jurnal Dewan Pers, 20(November), 9–17. www.presscouncil.or.id
Leksono, N., dan Elmada, M. A. G. (2017). Menjangkau Pembaca Digital Sebuah Studi pada Kompas.id. Ultimacomm, 9(2), 1–14. http://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/issue/view/147/ULTIMA Comm Vol 9%282%29
McQuail, D. (2011). McQuail's Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa McQuail), Buku 1, Edisi 6, diterjemahkan oleh Izzati P.A., Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail, D. (2011). McQuail's Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa McQuail), Buku 2, Edisi 6, diterjemahkan oleh Izzati P.A., Jakarta: Salemba Humanika.
Moeleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Rosda Karya.
Nurkinan. (2017). Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesiana, 2(2), 28–42. https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana/article/download/962/792
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106–118. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5951
Oetama, J. (2015). Media Digital: Bukan Ancaman, Tapi Mitra Menuju Perubahan. Prisma, 34(1), 62–70.
Putri, W.D., Hamdan, S.R., dan Y. (2017). Perilaku Bermedia Digital Dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Dikalangan Dosen Unisba. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 11–24. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2731
Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 383–392. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1113
Santana, K. S. (2017). Jurnalisme Kontemporer (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sholahuddin. (2013). Strategi Pengembangan Produk di Industri Media Cetak di Indonesia (Bertahan di Tengah Persaingan dengan Media Online). BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 9–17. http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/download/1375/931
Tabroni, R. (2018). Penerapan “Civic Journalism” PR FM Dalam Membangun Iklim Demokrasi di Jawa Barat. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 140–154. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3726
Wahyudi, I. (2015). “Reportase (yang Belum Benar-Benar) Investigasi”, dalam Orde Media Kajian Televisi dan Media di Indonesia Pasca-Orde Baru (Arief Y., dan Utomo, W.P(ed.). Yogyakarta: INSISTPress.
Waluyo, D. (Puslitbang A. dan I. K. K. dan I. R. (2018). Makna Jurnalisme dalam Era Digital: Suatu Peluang dan Transformasi. Jurnal Media Dan Komunikasi Kominfo RI, 1(1), 33–42. https://jurnaldiakom.kominfo.go.id/index.php/mediakom/article/view/17
DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License