Landasan Ilmiah Komunikasi: Sebuah Pengantar

Santoso S Hamijoyo

Abstract


llmu komunikasi merupakan ilmu terapan. Artinya ia menerapkan asas-osas ilmiah teori, generalisasi, dan penemuan ilmiah dari empat ilmu sosial dasar yang telah melandasinya. Tidak bisa dibayangkan seorang ilmuwan atau pakar komunikasi yang bergerak pada dataran praktis sekalipun,jika ia tidak memahami atau menguasai prinsip-prinsip ilmu sosial dasar, karena yang menjadi inti perhatian sehari-hari adalah perilaku manusia dan perubahan sosial. 1idak berarti bahwa sebagai ilmu terapan ia lantas menjadi pasif. ia justru harus aktif berkreasi. berinovasi, dan berimajinasi, melalui penelitian, pengembangan, dan penyebaran dalam situasi riil. Dalam hal ini ia akan dibimbing oleh masalah-masalah implementasi praktis maupun masalah-masalah konsepsional teoritik.


Keywords


landasan ilmiah Komunikasi

References


Bennis, Warren G (Editors). The Planning of Change (Reading in the Applied Behavioral Sciences), New York: Holt, 1961

Buck, Elizabeth B,D. Lawrence Kincaid, Mimi Nichter dan Mark Nichter,"Development Communication in the Cultural Context: Convergence Theory and Community Participation", dalam Communications Research and Cultural Values, Wimal Dissanayake, dan Abdul Rahman bin Mohd. Said (Editors), Singapore: Asian Mass Communication Researchand Information Center, 1983.

Diaz Bordenave, Juan E, Communication and Rural Development, Paris: Unesco, 1977

Dissanayake, W.(Editor), Communicauon Theory; The Asian Perspective, Singapore: Asian Mass Communication Research and Information Centre,1989

Foster, George M. Dude Cuturen in Een Technishe Wereld, Utrecht: Aula, 1962.

Hamijoyo, Santoso S, Anwar Iskandar, Beberapa Catatan tentang Partisipasi Masyarakat, Jakarta: Badan pengembangan Pendidikan, epartemen P Dan K, 1974

Hamijoyo, Santoso S, Pengaruh Teknologi Komunikasi terhadap Perilaku dalam Masyarakat, Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, 1990.

Hamijoyo, Santoso S, Community Participation and the Role of Leaders (The Indonesian Experience), Jakarta: BKKBN, I992a.

Hamijoyo, Santoso S, Some Thoughts on IEC Strategy for the 90:S, Jakarta: BKKBN, 1992b.

Hamijoyo, Santoso S. Beberapa Kerangka Acuan untuk Membangun llmu bagi Profest Pendidikan dan Pengembangan Sosial Indonesia, Yogyakarta, Ikatan Sarjana Pendidikan dan Pengembangan SosialIndonesia, 1992c.

Holloran, J.D. "The Context of Mass Communication Research", dalarn D.C.WitneyandE. Wartella (Editors), Mass Coomunication Review Yearbook, Volume 3, Beverly Hills: Sage Foundations Publications, 1982.

Inkeles, Alex, dan David H. Smith, Becoming Modern (Individual Change in Six Developing Countries), Cambridge (Mass.) Harvard, 1974

Just, Marion, Ann Crigler Lori Wallach, "Thirty Seconds or thirty Minutes: what Viewers Learn from Spot Advertisements and andidate Debates", Journal of Communications, Volume 40, Number 3, Summer, 1990.

Klapper, Joseph T, The Effects of Mass Communications,NewYork:The Free Pressof Clencoe, 1964. Muhadjir, Noeng, Kepemimpinan Adopsi Inovasi untuk Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Rake Press, 1987

Sandera, Irwin T, "Theories of Community Development", dalam majalah Rural Sociology, Volume 23, nomor I, March, 1958 Unesco, Regional Office for Education in Asia and the Pasific, Population Comunications Planning (Report of Regional Seminar). Colombo: Unesco: Desember, 1980.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v1i1.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License