Efektivitas Komunikasi Organisasi

Engkus Kuswarno

Abstract


Terdapat dua aspek penting yang mempengaruhi efektivitas komunikasi organisasi. Pertama, masalah proses pengolahan informasi dalam organisasi, yaitu menyangkut masalah pemaknaan pesan (informasi) dan jumlah informasi; kedua, masalah gaya komunikasi organisasi. Pemahaman kedua hal tersebut menjadi bekal bukan saja bagi para (calon) pemimpin organisasi, manajer, akan tetapi juga bagi semua yang terlibat dalam organisasi. Kegagalan komunikasi adalah menjadi pertimbangan terpenting dari setiap proses komunikasi organisasi, dengan maksud dapat diprediksi, dianalisis, dan ditanggulangi jika hal itu terjadi.

Keywords


efektivitas, informasi, komunikasi organisasi

References


Barnard, Chester I. 1958. The Function of The Executive,

Harvard Cam bridge Mass.

DeVito, Joseph A. 1989. The Interpersonal Communication Book, fifth ed.,New York, Harper & Row Publisher.

Hall, Edward T. 1959. The Silent Language, New York: Fawcett World Library.

Rogers Everett M., & Rekha Agarwala Rogers, 1976. Communication in Organization, New York, The Free Press.

Tubbs, Stewart.L. Sylvia Moss, 2000. Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. terjemahan cetakan kedua, Bandung, PT. Rosda.

Miller, G. 1956. “The Magical Number 7, 1956. “Plus or Minus Two: Some Limits on Our Capacity for Processing Information,” Psychological Review, 63

Yoshikawa, Moneo Jay. 1988. “Japanese and American Modes of Communication and Implication for Managerial and Organizational Behavior,” dalam Wimal Dissanayake (ed.) Communication Theory The Asian Perspective, AMIC, Singapore, 1988: 150-182.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i1.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License