Urgensi Komunikasi Pemasaran untuk Partai Politik di Indonesia

Yusuf Hamdan

Abstract


Komunikasi pemasaran memiliki tempat penting dalam aktivitas politik, karena melalui hal itu komunikasi antara partai dengan kontituensnya dapat dijalin dengan baik. Namun demikian, untuk menerapkannya perlu penyesuaian, karena politik sebagai produk memiliki karakteristik khusus. Bukan hanya itu, penerapannya dalam politik menimbulkan perubahan orientasi sistem politik dari orientasi kepada tokoh ke orientasi pasar, yang membuka ruang kepada para teknokrat politik untuk memiliki pengaruh politik.

Keywords


komunikasi, pemasaran, partai politik

References


Alfian. 1991. Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Almond, Gabriel A dan G. Bingham Powell, Jr. 1960. Comparative Politics, A Development Approach. Bombay: Vakils, Feffer and Simons Private Ltd.

Cavanagh, David. 1997. Election Campaigning, The New Marketing of Politics. Massachusetts: Blackwell Publishers, Inc.

Dahlan, Alwi. 1999. “Teknologi Informasi dan Demokrasi,” dalam Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Edisi Oktober 1999. Bandung: ISKI bekerjasama dengan PT Remaja Rosdakarya, hal. 4.

Denny J.A. 1999. Jatuhnya Soeharto dan Transisi ke Demokrasi. Jakarta: Jayabaya University Press.

Hamdan, Yusuf. 1998. Penyebaran Informasi Politik, Tinjauan tentang Penyebaran Informasi Partai Amanat Nasional dari Teori Difusi Informasi. Makalah, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung.

Kotler, Philip.1992. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid I dan II, edisi kelima. Terj.: Herujati Purwoko. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Renald.1999. “Komunikasi Pemasaran,” dalam Majalah Cakram, Edisi Februari 1999. Jakarta: PT Duta Media Internusa, hal. 19.

Majalah Cakram Edisi Februari dan Juli 1999. Jakarta: PT Duta Media Internusa.

Nasution, Zulkarimein. 1990. Komunikasi Politik, Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Newman, Bruce I. 1999. The Mass Marketing of Politics, Democracy in an Age of Manufactured Images. London: Sage Publications, Inc.

Nimmo, Dan. 1978. Political Communication and Public Opinion in America. California: Goodyear Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i1.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License