Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat

Ravik Karsidi

Abstract


Peran penyuluhan pembangunan mengalami gelombang pasang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutannya. Hal itu dipengaruhi oleh paradigma pembangunan yang dianut oleh negara dan komunitas di dalamnya. Kuatnya tuntutan peranserta masyarakat sipil dan pilihan pembangunan yang memihak rakyat, menuntut penyuluhan pembangunan menyesuaikan paradigma keilmuannya yang berorientasi pada sasaran penyuluhan atau pemberdayaan masyarakat sasaran. Pemberdayaan masyarakat tidak lain adalah usaha memotivasi dan memberi dorongan kepada masyarakat agar mampu menggali potensi dirinya dan berani bertindak memperbaiki kualitas hidupnya, melalui cara, antara lain, pendidikan untuk penyadaran dan pemampuan diri mereka. Penyuluhan pembangunan sebagai bidang ilmu terapan, secara metodologis harus menyesuaikan dan mengembangkan prinsip-prinsip dan langkah-langkah teknis-metodologis bagi pengembangan program penyuluhan tersebut.

Keywords


Penyuluhan Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat

References


Fakih, Mansour, Mahmudi, M.M. Billah, dan Juni Thamrin. 1993. Bunga Rampai Teori Pembangunan. Bandung: Indeco de Unie.

Freire, Paulo. 1984. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan. Terj.: A.A.Nugroho. Jakarta: Gramedia.

Hikam, Muhammad A.S. 1993. “Demokrasi melalui Civil Society, Sebuah Tatapan Reflektif atas Indonesia”, PRISMA No.6/1993. Jakarta:LP3ES.

Karsidi, Ravik. 2000. Peningkatan Profesionalisme dalam Penyuluhan. Makalah Diskusi Panel Peningkatan Profesionalisme Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang Efektif dan Handal, Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Solo, 17 Juni 2000.

Kuhn, Thomas. 1970. The Structures of Scientific Revolution. Chicago: The University of Chicago Press.

Korten, David C. 1984. Pembangunan yang Memihak Rakyat. Jakarta: Lembaga Studi Pembangunan.

Mahmudi, Ahmad. 1999. Prinsip-prinsip Pemberdayaan Masyarakat. TOT P2KP oleh LPPSLH, Ambarawa, 27 Nopember 1999.

Mahmudi, Ahmad. 1999a. Penguatan Peranserta Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam. Diskusi Pengelolaan SDA dalam Otonomi Daerah, FKPS – Akademi Teknik Adiyasa, Surakarta, 6 Oktober 1999.

Pambudy, Rachmat. 1998). Sistem Penyuluhan Agribisnis Peternakan. Draft Disertasi S3 Pacasarjana, Ravik Karsidi. Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat Bogor:IPB (tidak diterbitkan).

Ritzer, J., 1975. “Sociology: A Multiple Paradigm Science,” dalam Jurnal The American Sociologist, Nomor 10.

Sasono, Adi. 1999. Ekonomi Kerakyatan dalam Dinamika Perubahan. Makalah Konferensi Internasional Ekonomi Jaringan, Hotel Sangri-La, Jakarta 5-7 Desember.

Sikhondze, Wilson B. 1999. “The Role of Extension in Farmer Education and Information Dissemination in Swaziland,” Journal: Edult Education and Development No.53/1999, Institute for International Cooperation of The German Adult Education Association, Bonn: 112/DVV.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i1.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License