Wanita dan Abad Baru Sensualisme Media

Idi Subandy Ibrahim

Abstract


Wacana tentang wanita di era cyberspace tidak terlepas dari bahasa media yang merepresentasikan realitas wanita dalam kerangka yang telah diagendakan. Wacana ini merentang mulai dari diskusi seputar perpindahan dari “kekerasan domestik” ke “kekerasan simbolik” yang lekat dengan kehidupan wanita, seksualitas di ruang maya (cyberspace dan cyberporn), serta migrasi simbolik para artis sebagai wujud perburuan popularitas dalam kebudayaan pop. Wacana kekerasan simbolik menghadirkan pemajangan atau display tubuh wanita sebagai objek tontonan untuk memenuhi hasrat laki-laki, dan sebagai objek imajinasi serta fantasi seksual laki-laki. Ini terkait dengan wacana seksualitas di ruang maya yang menawarkan kebebasan tanpa batas untuk berpartisipasi dalam segala bentuk, sehingga terjadi pergeseran ke arah hypersexuality yang sulit diterima akal sehat karena sudah terlalu melebihi kondisi normal. Pada perburuan popularitas dalam kebudayaan pop, terdapat kecenderungan di antara para artis wanita untuk mengadakan semacam ‘migrasi simbolik’ — pergantian atau perpindahan simbol-simbol yang dikenakan seseorang untuk menjaga citra dirinya di mata orang lain. Dalam perspektif inilah perubahan tatanan simbolik dan budaya citra dikritisi sebagai sebuah siasat atau trik yang beroperasi di balik logika kapitalisme untuk bertahan dalam arus percepatan citra — dan bukannya suatu perwujudan dari pencerahan jiwa.

Keywords


media, wanita, sensual

References


Downing, John, Ali Mohammadi, dan Annabelle Sreberny-Mohammadi (eds.). 1990. Questioning the Media: A Critical Introduction. London: Sage Publications, Inc.

Foucault, Michel. 1976. The History of Sexuality, Vol. I: An Introduction. London: Penguin Books.

Friedan, Betty. 1984. Feminine Mystique (Norton, 1984; Dell, 1984, 20th Anniversary Edition) Goffman, Erving. 1976. Gender Advertisement. London: The MacMillan Press.

Gunew, Sneja dan Anna Yeatman (eds.). 1993. Feminism

and the Politics of Difference. Boulder & San Fransisco: Westview Press.

Heryanto, Ariel. 2000. “Perempuan = Dibela atau Dihapuskan”, dalam Ariel Heryanto, Perlawanan dalam Kepatuhan: Esai-Esai Budaya. Bandung: Mizan.

Hooker, Virginia Matheson (eds.). 1993. Culture and Society in New Order Indonesia. Singapore: Oxford University Press.

Hutchison, Michael. 1990. The Anatomy of Sex and Power. New York: William Morrow and Company.

Ibrahim, Idi Subandy (ed.). 1996. Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Bandung: Mizan.

Ibrahim, Idi Subandy dan Dedy Djamaluddin Malik. 1996. Hegemoni Budaya. Yogyakarta: Bentang.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto (eds.). 1998. Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Rosdakarya.

Jolly, Margaret. 1993. “Colonizing the Women: The Maternal Body and Empire”, dalam Sneja Gunew dan Anna Yeatman (eds.), Feminism and the Politics of Difference. Boulder & San Fransisco: Westview Press.

Mowlana, Hamid, (ed.). 1992. Triumph of the Image. Boulder & San Fransisco: Westview Press.

Mulyana Deddy dan Idi Subandy Ibrahim (eds.). 1998. Bercinta dengan Televisi: Ilusi, Impresi, dan Imaji Sebuah Kotak Ajaib. (Bandung: Rosdakarya.

Mulvey, Laura. 1981. “Visual Pleasure and the Narrative Cinema” (1974), dalam Tony Bennett, et al. (eds.), Popular Television and Film. London: Open University Press.

Naisbitt, John, Nana Naisbitt, dan Douglas Philips. 1999. High Tech.High Touch: Technology and Our Search for Meaning. New York: High Tech.High Touch, Inc.

Pearson, Judy Cornelia. 1985. Gender and Communication. Iowa: Wm.C. Brown Publishers.

Rakow, Lana F. 1990. “Feminist Perspective on Popular Culture,” dalam John Downing, Ali Mohammadi, dan Annabelle Sreberny-Mohammadi (eds.), Questioning the Media: A Critical introduction. London: Sage Publications, Inc.

Sears, Laurie J. (ed.). 1993. Fantasizing The Feminine in Indonesia. Durham & London: Duke University Press.

Schwichtenberg, Cathy (ed.). 1993. Madonna Connection: Representational Politics, Subcultural Identities, and Cultural Theory. Boulder & San Fransisco: Wesview Press.

Tapscott, Don. 1998. Growing Up Digital: The Rise of the Net Generation. New York: McGraw-Hill.

Tarabishi, Georges. 1988. Women Against Her Sex: A Critique Nawal El-Saadawi (With A Reply by Nawal El-Saadawi). London: Saqi Books.

Van Zoonen, Liesbet. 1994. Feminist Media Studies. London: Thousand Oaks, New Delhi.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License