Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Anak

Oji Kurniadi

Abstract


Komunikasi keluarga merupakan faktor penting dalam kehidupan anak (remaja). Komunikasi keluarga diduga dapat mempengaruhi, antara lain, prestasi belajar anak. Penelitian, yang menggunakan metode survei dengan sampel siswa SMUN di Kota Madya Bandung ini menunjukkan hasil temuan sebagai berikut: (1) kredibilitas ayah dalam mengawasi belajar anak tidak mempengaruhi prestasi belajar anaknya. Terbatasnya waktu yang dipunyai ayah karena  esibukannya mencari nafkah untuk keluarga, si ayah tidak sempat mengawasi atau mengontrol aktivitas anak yang berkaitan dengan pelajarannya di sekolah; (2) kredibilitas ibu dalam mengawasi belajar anak dapat mendukung prestasi belajar anak dalam pelajarannya di sekolah; (3) frekuensi komunikasi yang dilakukan ayah terhadap anak secara langsung menentukan prestasi belajar yang diraih anak; (4) frekuensi komunikasi ibu dengan anak yang tinggi tidak menentukan prestasi belajar anak menjadi tinggi.

Keywords


komunikasi keluarga, persuasif

References


Adiwikarta, Sudardja. 1988. Sosiologi Pendidikan, Isue, Hipotesis tentang Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat. Jakarta, Dirjen Pendidikan Tinggi.

Al-Rasyid. Harun. 1989. Teknik Sampling. Bandung: Ikopin.

Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Armico.

Bandura, Albert. 1995. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Cangara,Hafied, 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Depdikbud Kodya Bandung.1994. Informasi SLTP & SLTA di Kodya Bandung. Bandung: Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kotamadya Bandung.

Effendy, Onong Uchyana. 1984. Televisi Siaran Teori dan Praktek. Bandung: Alumni.

_____. 1985. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Karya.

_____. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.

_____. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

_____. 1996. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Eridiana, Wahyu. 1992. Korelasi Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di Kotamadya Bandung.Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Eshleman, J. Ross Cashion, Barbara G.985. Sociology. Little Brown and Company, Boston Goss, Blaine, 1983, Communication in Everyday Life, Belmont, Wadsworth.

Gunarsa, Singgih D. dan Yulia. 1986. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

_____. 1995. Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

_____. 1987. Psikologi Anak Bermasalah. Jakarta: Gunung Mulia.

Hadi, Soetrisno. 1990. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamidjojo, Santoso S. 1993. Landasan Ilmiah Komunikasi. Pidato Pengukuhan Guru Besar di Universitas Dr. Soetomo dalam kenangan perjalanan profesi dan pengabdian, Jakarta,

BKKBN.

Haryati, Diah.tt. Wanita dan Tantangan Pembangunan.

Hays, William L. 1969. Qualification in Psycology. New Delhi: Printice Hall of India, Private Limited.

Hovland, Carl I. 1948. “Social Communication,” dalam Bernard Barelson and Morris Janovitz, Reader in Public Opinion and Communication, New York, The Free Press.

Krech, David, Richard S. Chuthfield and Ballacey. 1962. Individual in Society. Tokyo: McGraw Hill.

Kurniawan, Yedi. 1993. Pendidikan Anak Sejak Dini Hingga Masa Depan. Jakarta: Firdous.

Liliweri, Alo. 1994. Presfektif Teoritis Komunikasi Antarpribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Littlejohn, Stephen W. 1966. Theories of Human Communication. Belmont: Wadsworth Publishing Co.

McClelland, C. David. 1961. Memacu Masyarakat Berprestasi (The Achieving Society), terj.: Siswo Siswanto dan Wilhelius W. Jakarta: Intermedia.

Mueller, Daniel J.1986. Mengukur Sikap-Sikap Sosial (Measuring Social Attitudes), terj.: Cecep Syarifuddin dkk. Bandung: Fisip Press Unpas.

Rakhmat, Jalaluddin. 1984. Methode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

_____. 1985. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Rinawati, Rini. 1999. Pengaruh Sinetron terhadap Sikap Mengenai Peran Ganda Wanita pada Penonton di Kotamadya Bandung. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Unpad.

Syah, Mubidin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, Masri., dan Sofian Efendi (ed.). 1991. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sitepu, Nirwana. 1994. Analisa Jalur (Path Analysis). Bandung: Unit Pelayanan Statistika Jurusan Statistika FMIPA Unpad.

Susanto, Astrid S. 1986. Komunikasi dalam Teori dan Praktek 2. Bandung: Bina Cipta.

Sutarno R. 1989. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Kanisius.

Thoha, Miftah. 1986. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 1996. Human Communication, Koteks-Konteks Komunikasi., terj.

Deddy Mulyana dan Gembirasari. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tucker, Raymond K. Richard L. Weaver, and Cynthia Berryman. 1981. Research in Speech Communication. New Jersey: Fink Pretice -Hall Inc Englewood Cliffs.

Vredenbregt J. 1984. Metode dan Tehnik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Willis, Sofyan S. 1981. Problema Remaja dan Pemecahannya. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License