Paradigma Baru Dakwah Islam: Perspektif Komunikasi Massa

Atie Rachmiatie

Abstract


Terdapat pergeseran atau perubahan karakteristik media massa dan khalayak sasaran sejalan dengan perubahan secara internal suatu bangsa/negara dalam tatanan dunia internasional yang perlu diantisipasi oleh umat Islam, termasuk dalam kegiatan dakwah Islam. Kini, karakteristik komunikasi massa telah bergeser dari linier ke konvergensi. Di sini lain, khalayak pun cenderung bersifat akti[. kritis, dan selekti[. sehingga untuk mengembangkan dakwah yang professional, diperlukan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dakwah secara professional pula.

Keywords


komunikasi massa, dakwah islam

References


Ali, S. Shaukat. 1996. Foundations for Communication in the Qur'an and Sunnah. The American Journal of Islamic Sciences, 13.2.

Atkin, Charles K. dan Vicki Freimuth. 1998. Information Campaign. Macquarie University International Communication Program.

Baran,J. Stanley dan Denis K. Davis. 1995. Mass Communication Theory Foundations Ferment and Future. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Budiman, Hikmat. 1997. Bill Gates dan Burung Hantu: Etika dalam Lingkungan Informasi Baru. Unisia, no. 35/XX/III/1997.

Dominick, Joseph R. 1990. The Dynamics of Mass Communication. New York: McGraw-Hill.

Gazalba, Sidi dan Zainab Ismail. 1993. Dakwah Islamiah Malaysia Masa Kini. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.

McQuail, Denis. 1992. Media Performance, Mass Communication and the Public Interest. London: Sage Publication.

Soewardi, Herman, 1998. Nalar, Kontemplasi dan Realita (revisi besar). Bandung: Pascasarjana Unpad.

Unesco (tim studi masalah komunikasi). 1983. Aneka Suara Satu Dunia, Menuju Orde lnformasi dan Komunikasi Dunia yang Baru dan Efisien. Jakarta: Balai Pustaka-Unesco.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i1.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License