Mengapa Wacana Teks Jurnalistik Itu Unik: Sebuah Esai

Septiawan Santana Kurnia

Abstract


Teknologi media massa membawa kompleksitas hubungan komunikasi manusia. Setiap manusia menjadi memakai wacana pesan yang berbeda dari sifat personal dan kelompok. Ruang sosial peristiwa-berita berkembang selaras dengan kebutuhan masyarakat dalam membuat pola interaksi sosialnya melalui media massa. Media massa, dalam perkembangannya, kemudian menginstitusikan wacana teks yang unik. Karakterisik pesan jurnalistik, sebagai bagian dari komunikasi massa, menjadi memiliki keunikan dalam sampaian dan muatannya.

Keywords


Wacana, Teks Jurnalistik, Esai

References


Anwar, Rosihan, Bahasa Jurnalistik Indonesia & Komposisi, Proyek Pembinaan dan Pengembangan Pers, Deppen - RI, Jakarta, 1979.

Dahlan, M.Alwi, Makalah, dalam Seminar Nasional ISKI (ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia) 1999, di Bandung, Jabar, Oktober 1999.

Bittner, John R., an introduction Mass Communication, fourth edition, 1986, 1983, 1980, 1977, Prentice-Hall, A Division of Simon & Schuster, Inc., New Jersey.

Charnley, Mitchell V., Repotting, Holt, Rinehart and Winstonslnc., November, 1965

Effendi, Onong U., Dinamika Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya, 1986

Ferguson, Donald L. & Jim Patten Journalism Today!, National Textbook Company, 1991

Gill Jr., Generoso J., Wartawan Asia, Jakarta, Yayasan Obor, 1987

Hierbert, Ray Eldon, et al., Mass Media: an Introduction to Modern Communication, David McKay Comp.Inc., 1975

Lippmann, Walter, Opini Umum, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, September 1998; Dari terjemahan "suntingan baru" Michael Curtis, Public Opinion with a New Intoduction, 1992, The Macmillan Compo

Littlejohn, Stephen W., Theories of Human Communication, Fifth Edition, Wadsworth Publishing Comp., 1996

Lull, James, Media Komunikasi Kebudayaan: suatu pendekatan global, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1998

McQuail, Denis Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, 1989.

Mencher, Melvin News Reporting and Writing, seventh Edition, Brown & Benchmark Publishers, 1997, Cetakan Times Mirror Higher Education Gorup, Inc., USA

Mulyana, Deddy, "Teori Penjulukan, Pers dan Kosntruksi Sosial Realitas: Suatu Pendekatan Fenomenologis", dalam seminar nasional ISKI 1999, Bandung, Oktober 1999

Nelson, Roy Paul, Article and Features, Hougton Mifflin Co. Boston, 1978




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v1i1.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License