Pemberdayaan SDM melalui Komunikasi Organisasi: Suatu Pendekatan Subjektivis

Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Organisasi, sebagai wadah pemenuhan kebutuhan manusia. semakin berkembangpesat dengan segala kompleksitas pengelolaannya. Sumber-sumber daya organisasipun semakin menuntut perhatian manajer untuk di kelola sebaik-baiknya. karena tingkat persaingan yang semakin ketat, Saat ini, kebanyakan manajer lebih banyak menghabiskan energi dan konsentrasi pada pengelolaan sumber daya mesin serta teknologinya. Dana yang tersedia tidak jarangjuga mengabaikan sumber daya manusia sebagai tulangpunggung organisasi. Yang sebenarnya lebih kreatif dan aktif dibandingkan sumber daya lainnya. Karenanya. sumber daya manusia harus lebih diberdayakan, agar produktivitas meningkat. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan proses komunikasi organisasi dengan menggunakan pendekatan subjektivis.

Keywords


SDM, Komunikasi Organisasi, Pendekatan Subjektivis

References


Adriyanto, Mohamad. 1999-2000. Wacana SDM. Wacana SDM Online: htlp://gozips.uakron.edu/ mall wacana001-011.htm.

Catchart, Jim. 2002. Empowernment Checklist dalam handout Pelatihan Manajemen SDM. Bandung: Humanis Asia Consulting.

Dessler, Gary. 2002. Human Resources Management dalam handout Pelatihan Manajemen SDM. Bandung: Humanis Asia Consulting.

Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Grasindo.

Irwin, Harry dan Elizabeth More. 1994. Managing Corporate Communication. Australia.

Kossen, Stan. 1986. Aspek Manusiawi dalam Organisasi (ed. ketiga). Terjemahan Bakri Siregar. Jakarta: Erlangga.

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 1998. Komunikasi Organisasi: Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor: Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License