IMPLEMENTATION OF ISLAMIC CHARACTER EDUCATION THROUGH MORNING HABIT PROGRAM

Helmi Aziz, Rahila Rahila, Agus Halimi

Abstract


This study aims to determine the background of organizing Islamic character education through a habituation program at SMP PGII 1 Bandung. Others, to find out the implementation process, the evaluation process, and also the results achieved from the habituation program. This study uses a qualitative approach with a case study method, where researchers explore programs, events, processes, and activities, to one person / more which is presented descriptively. This research shows that SMP PGII 1 Bandung organizes Islamic character education through habituation programs. The form of implementation was carried out through morning greetings, Asmaul Husna dhikr, recitation of the Qur'an, prayer, singing national compulsory songs / PGII hymns, morning inspirations, daily infaq habitation, and duha prayer. Evaluation is carried out on a daily and semester basis. This habituation program can increase the activities of students in carrying out positive habituation, because unconsciously the student routines will be recorded in the subconscious memory and become a habit in their daily lives.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang penyelenggaraan pendidikan karakter Islami melalui program pembiasaan di SMP PGII 1 Bandung.  Lainnya, untuk mengetahui proses penyelenggaraanya, proses evaluasi, dan juga hasil yang dicapai dari program pembiasaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana peneliti melakukan eksplorasi terhadap program, kejadian, proses, dan aktivitas, kepada satu orang/lebih yang disajikan secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa SMP PGII 1 Bandung menyelenggarakan pendidikan karakter Islami melalui program pembiasaan. Bentuk implementasinya dilaksanakan melalui kegiatan sapa pagi, dzikir Asmaul Husna, tilawah Qur’an, do’a, menyanyikan lagu wajib nasional/hymne PGII, inspirasi pagi, pembiasaan infak harian, dan shalat dhuha. Evaluasi dilakukan secara harian dan semesteran. Program pembiasaan ini dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam melaksanakan pembiasaan positif, karena secara tidak sadar rutinitas siswa akan terekam dalam memori alam bawah sadar dan menjadi kebiasaan dalam keseharian mereka.


Keywords


Implementation; Islamic Character Education; Morning Habit Program.

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. (2014). Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI Press.

Aziz, Helmi. (2016). Internalization of Character Education Based on Local Wisdom (Field Studies in Kampung Kahuripan/Tajur Pasanggrahan Village of Purwakarta Regency). Jurnal Pendidikan Islam, No.1, Juni.

Fitri, Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryati, Sri.(2013). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum.pdf (diakses 03 Mei 2019)

Hasanah, Aan. (2014). Kerangka Konsep Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam. Jurnal penjaminan mutu. Jurnal UIN SGD Bandung. 1(1): 186, 203-206 LPM UIN SGD Bandung.

Jaelani, Ahmad & Hasanah, Aan. Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah. International Journal of Educational Resources: Vol 1 No 2 AUGUST, 2020.

Kesuma, Dharma. (2011). Pendidikan Karakter Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 3. Sekretariat Negara. Jakarta.

Syarbini, Amirulloh. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, revitalisasi peran keluarga dalam membentuk karakter anak menurut perspektif Islam. Jakarta: PT. Gramedia.

Taja, Nadri & Aziz, Helmi (2016). Mengintegrasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIII, No. 1, Juni.

Hasanah, Uswatun. (2016). Model-Model Pendidikan Karakter Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, Mei.

Darmayanti, Stovika Eva & Wibowo, Udik Budi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 Nomor 2.

Akhimelita, Lita, dkk. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 5 No. 1.

Mertasari, Ni Made Sri. (2016). Model Evaluasi Pendidikan Karakter yang Komprehensif. Seminar Nasional Riset Inovatif (Senari) Ke-4. ISBN 978-602-6428-04-2.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Suharsini Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats