THEORY OF LEARNING AND LEARNING PERSPECTIVE AL-QUR'AN AND HADITS

Abdul Karim Khoirul Huda, Khambali Khambali

Abstract


Some people think that learning only memorizes facts that have been presented as study material. They usually feel happy and confident when their children are able to recite what they have memorized. To straighten out this assumption, experts put forward theories about learning and learning so that people do not misunderstand how to actually learn. In Islam there is also a theory of learning and learning, which is contained in the Al-Qur'an and hadith. This article focuses on how the Qur'an and hadith explain this theory of learning and learning. This research is library research, by collecting and analyzing material from books, articles, and so on. The aim is to describe the theory of learning and learning that comes from the Al-Qur'an and Hadith, and whether it is in line with theories that come from the west. The results of this study indicate that there are many learning and learning theories contained in the Al-Qur'an and Hadith, as well as the theories contained in the two sources of Islamic law predating western theory, so the authors say that the theory of learning and learning from western figures in line with the Qur'an and hadiths.

 

Abstrak

Sebagian orang menganggap bahwa belajar hanya menghafalkan fakta-fakta yang sudah tersaji sebagai materi belajar. Mereka  biasanya merasa senang dan percaya diri ketika anaknya mampu menyebutkan kembali apa yang sudah dihafalkannya. Untuk meluruskan anggapan tersebut, para ahli mengemukakan teori tentang belajar dan pembelajran agar masyarakat tidak salah memahami bagaimana belajar yang sesungguhnya. Dalam islam juga terdapat teori belajar dan pembelajaran, yaitu yang terdapat ddalam Al-Qur’an dan hadits. Artikel ini berfokus pada bagaimanakah Al-Qur’an dan hadits menjelaskan teori belajar dan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bersifat penelitian pustaka, dengan mengumpulkan dan menelaah materi yang bersumber dari buku, artikel, dan sebagainya. Tujuannya untuk mendeskripsikan teori belajar dan pembelajaran yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist, dan apakah sejalan dengan teori-teori yang bersumber dari barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada banyak teori belajar dan pembelajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist, serta teori yang terkandung dalam dua sumber hukum islam tersebut lebih dulu ada sebelum teori barat, sehingga penulis mengatakan bahwa teori belajar dan pembelajaran dari tokoh-tokoh barat sejalan dengan Al-Qur’an dan hadist.



Keywords


Learning Theory; Al-Qur'an and Al-Hadith.

Full Text:

PDF

References


Ekawati, Mona. 2019. “TEORI BELAJAR MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF SERTA IMPLIKASINYA DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.” E-TECH: jurnal ilmiah teknologi pendidikan 7 (2).

Fathurrohman, Muhammad, dan Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Hadits.id. t.t. Hadis Shahih Muslim. https://www.hadits.id/.

Hanafi, Imam. 2017. “KAJIAN PSIKOLOGI TENTANG ‘BELAJAR’ DALAM AL-QUR’AN/.” An-Nuha 4 (1): 22.

Harahap, Musaddad. 2019. “Hakikat Belajar dalam Istilah Ta’allama, Darasa, Thalaba, Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 16 (2): 130. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(2).3913.

Hatta, Muhammad. 2017. “KONSEP DAN TEORI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM | Jurnal As-Salam.” Jurna As-Salam 1 (3). https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/24.

Huda, Abdul Karim Khoirul. 2019. “PENGEMBANGAN MATERI FIKIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH: TENTANG INDAHNYA BERPUASA.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8 (2): 231–50. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.142.

———. 2020. “Pendidikan Islam Melalui Kebijakan Full Day School Di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 3 (1): 12–26.

Irfani, Ranu Nada. 2017. “Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 83–92. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2319.

Jamaludin, Acep Komarudin, dan Koko Khoerudin. 2015. Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nahar, Novi Irwan. 2016. “PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial 1 (1).

Siregar, Eveline, Hartini Hara, dan Jamludin. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Solichin, Mohammad Muchlis. 2006. “BELAJAR DAN MENGAJAR DALAM PANDANGAN AL-GHAZÂLÎ.” Tadris 1 (2): 16.

Suryani, Khotimah. 2018. “METODE PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI.” Dar El-Ilmi 5 (2): 26.

Suyono, dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syukri. 2011. “Konsep Pembelajaran Menurut Al-Qur’an.” Ullumuna 15 (1).

Tafsir, Ahmad. 2019. Filsafat Pendidikan Islam, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu, Memanusiakan Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

TafsirWeb. t.t. Al-Qur’an dan Tafsir. https://tafsirweb.com




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats