Pengaruh Metode Parenting terhadap Perkembangan Emosional dan Kemandirian Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Pelangi

Sherli Putri Sari, Bagus Kisworo

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam proses belajar anak, dimana metode parenting adalah salah satu penunjangnya dan salah satu faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak usia dini. Setiap orang tua memiliki metode parenting nya masing-masing dan setiap pola parenting memiliki pengaruh yang berbeda-beda pada perkembangan anak, dalam hal ini termasuk perkembangan emosional dan kemandirian pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh metode parenting terhadap perkembangan emosional dan kemandirian pada anak usia dini. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuantitatif asosiatif . Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dimana telah dilakukan perhitungan menggunakan Spss v.30 for windows, bahwasannya metode parenting berpengaruh terhadap perkembangan emosional dan kemandirian pada anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Ade, I. K., & Masnipal, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385

Al-Elaimat, A., Adheisat, M., & Alomyan, H. (2020). The relationship between parenting styles and emotional intelligence of kindergarten children. Early Child Development and Care, 190(4), 478–488. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1479403

Annear, K., & Yates, G. (2010). Restrictive and supportive parenting: Effects on children’s school affect and emotional responses. The Australian Educational Researcher, 37(1), 63–82.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2018). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. Maret, 03(01).

Haslam, D., Poniman, C., Filus, A., Sumargi, A., & Boediman, L. (2020). Parenting Style, Child Emotion Regulation and Behavioral Problems: The Moderating Role of Cultural Values in Australia and Indonesia. MARRIAGE & FAMILY REVIEW, 56(4), 320–342. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/01494929.2020.1712573

Havighurst, S. S., Radovini, A., Hao, B., & Kehoe, C. E. (2020). Emotion-focused parenting interventions for prevention and treatment of child and adolescent mental health problems: a review of recent literature. In Current Opinion in Psychiatry (Vol. 33, Issue 6, pp. 586–601). Lippincott Williams and Wilkins. https://doi.org/10.1097/YCO.0000000000000647

Hedstrom, E. (2016). Parenting Style as a Predictor of Internal and External Behavioural Symptoms in Children: the child’s perspective.

Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2023). Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Penanaman Perilaku Sosio Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1447–1464. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3587

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Edisi kelima). Erlangga.

Hutasoit, I. T. M. br, & Brahmana, K. M. B. (2021). Single mother role in the family. Education and Social Sciences Review, 2(1), 27. https://doi.org/10.29210/07essr208800

Kagan, J. (1999). The Role of Parents in Children’s Psychological Development http://pediatrics.aappublications.org/content/104/Supplement_1/164.full.html located on the World Wide Web at. Pediatrics.Aappublications.Org Downloaded From, 104. http://pediatrics.aappublications.org/content/104/Supplement_1/164.full.html

Lari, N. (2023). Perceived parenting styles and child personality: A Qatari perspective. Cogent Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2203549

Lissa, C., & Keizer, R. (2020). Mothers’ and Fathers’ Quantitative and Qualitative Parenting in Relation to Children’s Emotional Adjustment: A Between- and Within-Family Investigation. American Psychological Association, 56(09), 1709–1722.

Loretha, A. F., Arbarini, M., Felestin, F., & Desmawati, L. (2023). The Efforts of Lifelong Education through Life Skills for Early Childhood in Play Groups. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 10(1), 83–95. https://doi.org/10.21831/jppm.v10i1.59248

Loretha, A. F., Nurhalim, K., & Utsman, U. (2017). Pola Asuh Orangtua dalam Pendidikan Agama pada Remaja Muslim Minoritas di Amphoe Rattaphum Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 102–107.

Mabuza, N., Thwala, S. K., & Okeke, C. I. O. (2014). Single parenting and its effects on the psychosocial development of children in Swaziland. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(23), 2252–2262. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p2252

Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar , 02(01), 21–25.

Mulyono, E. S. (2015). Peran Kelompok Bermain Dalamproses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment., 4(1), 31–40.

Nisa, K., akhriyah, F., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun. Jurnal Educatio, 7(1), 55–63.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. BULETIN PSIKOLOGI , 23(2), 103–111.

Nuzula, F., Yunita, R. D., & Raraningrum, V. (2019). Effectiveness Of Parenting Education Towards Parents Role In Growth And Development Of Pre School Children. Procceeding the 4th International Nursing Conference, 196–201.

Pandunisa, F., & Yusuf, A. (2014). Peranan Orangtua Dalam Memfasilitasi Minat Belajar Anak Usia Dini (Studi Pada Paud Handayani Desa Salem Kecamatan Salem Kabupaten Brebes). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment , 3(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc

Rachman, A. (2015). Guru. erlangga.

Ristianti, C. I., & Kisworo, B. (2021). Persepsi Orangtua Tentang Pola Pengasuhan Anak terhadap Kemandirian dan Kemampuan Bersosialisasi Anak Usia Dini di Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Journal of Family Life Education, 1(1), 13–19.

Ryan, R., O’Farrelly, C., & Ramchandani, P. (2017). Parenting and child mental health. London Journal of Primary Care, 9(6), 86–94. https://doi.org/10.1080/17571472.2017.1361630

Sholikhah, L. I., Bimbingan, J., Islam, K., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (2023). Pola Asuh Orangtua Menyikapi Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini: Konteks Pendidikan Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 8. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1

Silviliyana, M., Ramadani, K., Sulistyowati, R., Sari, N., & Ganish Anggraeni. (2023). profil-anak-usia-dini-2023: Vol. Volume 4. Badan Pusat Statistik.

Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 437–445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke 2). Alfabeta.

Suhati, & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 129–137.

Umairoh, S., & Ichsan, I. (2019). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini , 3(3), 157–164. DOI: 10.14421/jga.2018.33-02

Widiyati, R., & Budiartati, E. (2020). Motivasi Relawan Rumah Pintar Bangjo Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 123–138. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats