Televisi sebagai Media "Quantum Learning" bagi Anak

Ike Junita Triwardhani

Abstract


Televisi, di samping mengundang gugatan karena sejumlah efek negatifnya juga memiliki banyak sisi positip,  antara lain, sebagai media belajar bagl anak. Melalui metode Quantum Learning, suatu tayangan acara televisi diberi makna sebagai substansi pendidikan yang menyenangkan metode pengajaran partisipatif, serta suasana lingkungan yang memembuat anak merasa nyaman. Dalam hal ini kehadiran orang tua sebagai mitra dialog bagi anak adalah untuk memberikan makna yang mudah diserap mengenai suatu acara televisi, sangat diperlukan. meotode belajar dalam suasana menyenangkan. sebagai prinsip penting dalam metode  Quantum Learning  akan memberikan hasil yang lebih optimal. Metode ini berangkat dan keyakinan bahwa manusia ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk meloncat di atas kemampuan yang diperkirakan.


Keywords


Televisi, Media, Quantum Learning, Anak

References


DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi, et al. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas.Terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Goethals, GregorT. 1981. The TV Ritual: Worship at the Video Altar. Boston: Beacon Press.

Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Mahayana, Dimitri. 1999. Menjemput Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novo, Lendo. 1999. "Kebebasan untuk Memilih: Quantum Learning sebuah Alternatif Pilihan Metode Belajar." Makalah disampaikan pada Seminar "Quantum Learning: Pelejit Potensi Anak". Bandung: Banana Edutainment.

Rakhmat, Jalaluddin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shapiro, Lawrence E. 1996. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudradjat, Iwan. 1993. "Semiotika: Ilmu tentang Tanda". Bahan Kuliah Konsep Arsitektur. Bandung: Jurusan Teknik Arsitektur ITS.

Supriadi, Dedi. 1993. "Kontroversi tentang Dampak Siaran Televisi terhadap Perilaku Pemirsa". Artikel dalam Jurnal Komunikasi Audientia. Volume I, No.4-1993. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, H. Muhammad. 1993). "Pola Pendidikan Anak di Tengah Derasnya Arus Hiburan TV". Artikel dalam Jurnal Komunikasi Audentia. Volume I, No.4-1993. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v4i2.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License