Komunikasi Getok Tular Pengantar Popularitas Merek

Rudy Harjanto, Deddy Mulyana

Abstract


Komunikasi getok tular (Word of mouth-WOM) adalah komunikasi berantai yang beredar dengan sendirinya di suatu komunitas tertentu, merujuk pada penyampaian informasi yang pada umumnya dilakukan secara lisan, informal dari seseorang kepada orang lain secara pribadi, antara dua individu atau lebih. Perkembangan teknologi memungkinkan komunikasi getok tular juga berkembang melalui internet, situs web, maupun halaman-halaman profil online, posting dalam blog-blog pribadi maupun pertukaran informasi melalui e-mail. Mereka memperkaya isi percakapan dengan informasi pandangan, pengetahuan, dan sebagainya, secara terus-menerus. Komunikasi getok tular tumbuh subur dalam masyarakat kolektivis, seperti di Indonesia, karena dalam masyarakat kolektivis, diri (self) tidak bersifat unik atau otonom, melainkan lebur dalam kelompok (keluarga, klan, kelompok kerja, sukubangsa, bangsa, dsb). Secara tradisional, komunikasi getok tular terjadi pada saat orang-orang sangat berminat pada topik yang diperbincangkan. Komunikasi getok tular dapat dikembangkan sebagai saluran referensi untuk mempopularkan merek (produk), karena khalayak sasaran lebih percaya pada pesan yang disampaikan oleh orang yang mereka kenal, dan mereka hargai.


Keywords


komunikasi, mulut kemulut, kolektif, popularitas.

References


Arens, William F., Michael F. Weigold, Christian Arens, 2008, Contemporary Advertising. New York: McGraw-Hill

Edward, Helen, Derek Day, 2007. Creating Passion Brands, how to build emotional brand connection with customers. London: Kogan Page

Fisher, B. Audrey, 1986. Teori-teori Komunikasi, terjemahan Soejono Trimo, penyunting Jalaluddin Rakhmat. Bandung: Remaja Rosdakarya

Haig, Matt, 2003. Brand failures, the truth about the 100 biggest branding mistakes of all times. London: Kogan Page Ltd.

Hughes, Mark, 2005. Buzz Marketing, get people to talk about your stuff. New York: Portfolio

Kirby, Justin, Paul Marsden, 2006. Connected Marketing, the viral, buzz and word of mouth revolution.Jordan Hill, Oxford: Butterworth-Heinemann

Knapp, Duane E., 2008. The Brand Promise. New York: McGraw-Hill

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management 11th edition, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education Inc.

Kotler, Philip, Gary Armstrong, 2001. Principles of Marketing 9th edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Krech, David, Richard S. Crutchfield, Egeron L. Ballachey: 1962. Individual in Society, a text book of Sosial Psychology. Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha.Ltd.

Kurtz, David L., 2008. Principles of Contemporary Marketing. Mason, Ohio: Thomson South-Western

Laemer, Richard, Mark Simmons, 2007. Punk Marketing. New York: HarperCollin Publishers

Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss, 2008. Theories of Human Communication 9thedition. Belmont, CA: Thomson Higher Education

Mulyana, Deddy, Jalaludin Rakhmat, 2006. Komunikasi AntarBudaya, Panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: Rosdakarya

Morgan, Adam, 1999. Eating the Big Fish. How challenger brands can compete against brand leaders. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Myers, David G., 2008. Social Psychology, New York: McGraw-Hill

Scott, David Meerman, 2007. The New Rules of marketing & PR. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Schiffman, L.G., 2001. Consumer Behaviour 2nd edition. Sidney: Prentice Hall

West, Richard, Lynn H. Turner: 2007. Communication Theory, analysis and application 3rd edition. New York: McGraw-Hill

Wipperfurth, Alex, 2005. Brand Hijack, marketing without marketing. New York: Portfolio

Wright, Jeremy, 2006. Blog Marketing, Revolutionary New Way To Increase Sales, Build Your Brand, and Get Exceptional Results. New York: McGraw-Hill Companies




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License