Teknik-Teknik Penelitian Kuantitatif dalam Ilmu Sosial

Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Dalam ilmu-ilmu sosial, pun ilmu komunikasi, dikenal dua pendekatan yang penting untuk memahami dan menjelaskan gejala-gejala sosial, yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif biasanya dikaitkan dengan paradigma positivisme sedangkan pendekatan kualitatif dikaitkan dengan paradigma pos-positivisme. Akhir-akhir ini kritik memang sering ditujukan pada paradigma positivisme ini karena ia dinilai mereduksi manusia menjadi sekadar angka-angka dan data-data kuantitatif. Namun, ternyata pendekatan ini pun tetap bermanfaat, bertolak dari cara manusia menghasilkan pengetahuan yang biasanya menggabungkan abstraksi dan observasi empiris  Di sin, fokus pembahasan, di antaranya, pada pengkonstruksian skala-skala pengukuran dan cara membuat beberapa jenis skala yang cukup akrab dalam pendekatan kuantitatif.


Keywords


metodologi komunikasi, kuntitatif

References


Stempel III, Guido H. & Bruce H. Westley. 1981. Research Methods in Mass Communication. London: Prentice Hall Inc.

Kerlinger Fred N. 1973. Foundations of Behavioral Research. New York: Holt Rinehartand Winston Inc.

Rakhmat, Jalaluddin. 1982. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Champion, Dean J. 1982. Basic Statistics for Sosial Research. New York: Prentice Hall.

Newman, W. Lawrence. 2000. Sosial Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn And Bacon.

Seagal, Sidney. 1980. Statistik Non Parametrik: Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia.

Conover, W.J. 1980. Practical Nonparametric Statistics. New York: John Wiley & Sons Inc.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License