Representasi Perempuan Indonesia dalam Komunikasi Visual: Wacana yang (Belum) Berubah

Santi Indra Astuti

Abstract


Sebagai sebuah narasi yang bercerita tentang riwayat panjang kemanusiaan, ada banyak hal yang bisa ditapaki dari produk-produk komunikasi visual kita, entah itu film, media massa, ataupun iklan. Sosok perempuan dalam film, dari segi kuantitas, menduduki posisi yang cukup sentral. Ini dialami pula oleh perempuan yang tampil dalam majalah dan iklan—setidaknya wajah perempuan bertaburan di mana-mana. Namun, kondisi sedemikian tidak serta-merta meniscayakan adanya representasi perempuan dalam wacana yang cukup bermutu. Penelusuran atas berbagai literatur yang menyoal representasi perempuan di tiga media komunikasi visual, yaitu film, majalah, dan iklan memperlihatkan wacana tentang perempuan yang belum berubah dari stereotip klasik. Untuk mengubah stereotip ini, gerakan feminis yang digagas oleh para aktivis tidaklah cukup. Perempuan mesti menyediakan ruang dan waktu untuk berdialog secara leluasa dengan dirinya sendiri, guna menegosiasikan secara kritis pelbagai pemaknaan yang ditawarkan pada mereka dalam upaya mengonstruksi diri ataupun masyarakat yang lebih ramah terhadap eksistensi perempuan.

Keywords


representasi, komunikasi visual, wacana, perempuan indonesia

References


Kitley, Philip. 2000. Konstruksi Budaya Bangsa di Layar Kaca. Jakarta: LSPP.

Mills, Sara. 2003. Post Feminist Text Analysis. www.sheffield.org/englishstudies/mills/postfem4.doc. Tgl akses terakhir 21 Juni 2003.

Paramaditha, Intan. 2003. Cultural Identity and Female Representation in Indonesian Women’s Magazines. Jakarta: UI (penelitian).

Shiraishi, Saya Sasaki. 2001. Pahlawan-Pahlawan Belia: Keluarga Indonesia dalam Politik. Jakarta: KPG.

Siregar, Ashadi (ed.). 2000. Eksplorasi Gender di Ranah Jurnalisme dan Hiburan. Yogyakarta: LP3Y.

Swastika, Alia. 2002. Politik Remaja Membaca Media: Representasi Konsep Girl Power dalam Kehidupan Sehari-hari Pembaca Majalah Gadis. Kunci Cultural Studies Center.

Prisma No. 7, edisi Juli 1981.

Prisma No 5, edisi Mei 1990.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License