Menyatukan Perbedaan Melalui Seni Budaya Sunda

Santi Susanti, Iwan Koswara

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengalaman individu-individu Tionghoa menerapkan budaya Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Meski terlahir sebagai keturunan Tionghoa, individu-individu tersebut merasa menjadi bagian dari masyarakat Sunda dengan menerapkan budaya Sunda dalam beragam bentuknya, salah satunya melalui kesenian. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam proses pengumpulan, pengolahan, dan penyampaian data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan penelaahan dokumentasi dari berita di media cetak maupun online. Hasil penelitian menunjukkan, seni budaya Sunda tidak hanya sebagai media pembauran pribadi informan dengan seniman Sunda, juga sebagai media pembauran antara etnis Tionghoa dengan suku Sunda melalui perantaraan individu informan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keberakaran dan lokalitas merupakan landasan seseorang dikatakan sebagai pemilik budaya. Pengakuan dan penerapan nilai-nilai kasundaan dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk nyata kontribusi individu Tionghoa informan penelitian bagi keberlangsungan budaya Sunda.

Keywords


keberlangsungan budaya sunda, kesenian, pembauran, keberakaran, lokalitas

Full Text:

PDF

References


Adya, Afandri. (2014). Migrasi, Etnisitas, dan Dinamika Kota-Kota di Indonesia, 1905-2000 (2). Retrived from http:// afandriadya.com/2014/04/16/migrasi-etnisitas-dan-dinamika-kota-kota-di-indonesia-1905-2000-2/.

Alwasilah, A. Chaedar. (2008). Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

DeVito, Joseph A. (1998). The Interpersonal Communication Book. New York: Harper & Row.

DeVito, Joseph A. (1978). Communicology: An Introduction to the Study of Communication. New York: Harper & Row Publisher.

Dominick, J.R. (1983). The Dynamics of Mass Communication. New York: Random House.

Effendy, Onong Uchjana. (1995). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ekadjati, Edi S. (1995). Kebudayaan Sunda: Suatu Pendekatan Sejarah. Jakarta: Pustaka Jaya

Harsojo. (1980). Kebudayaan Sunda, terhimpun dalam Koentjaraningrat, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Hlm 300-321

Jorgensen, Danny L. (1990). Participant Observation, a Methodology for Human Studies. Applied Social Research Methods Series Volume 15. California: Sage Publications.

Kunto, Haryoto. (1984). Wajah Bandoeng Tempo Doeloe. Bandung: Granesia.

Kunto, Haryoto. (1986). Semerbak Bunga di Bandung Raya. Bandung: Granesia.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (1992). Analisa Data Kualitatif. Terjemahan, Rohidi, Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosidi, Ajip. (2009). Manusia Sunda. Bandung: Kiblat.

Rosidi, Ajip (ed). (2003). Apa Siapa Orang Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Jakarta: Tiara Wacana.

Saputra, Surya. (1950). Baduy. Tidak diterbitkan.

Skober, Tanti Restiasih. (2006). Orang Tionghoa di Bandung, 1930-1960: Merajut Geliat Siasat Minoritas Tionghoa. Konferensi Nasional Sejarah VIII. Retrived from http://www. geocities.ws/konferensinasionalsejarah/tanti_restiasih_skober.pdf

Soekanto, Soerjono. (1995). Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumardjo, Jakob. (2011). Sunda: Pola Rasionalitas Budaya. Bandung: Kelir.

Suryadinata, Leo. (1988). Kebudayaan Minoritas Tionghoa di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Suryalaga, Hidayat. (2009). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah.

Warnaen, Suwarsih, dkk. (1987). Pandangan Hidup Orang Sunda. Bandung: Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi) Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.2739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License