Merancang Peran Baru Humas dalam Pengembangan Otonomi Daerah

Deddy Mulyana

Abstract


Humas pemerintah daerah, dalam upaya pengembangan otonomi daerah, seyogianya tidak lagi sekadar corong yang melulu menginformasikan kegiatan-kegiatan pemerintah kepada masyarakat, juga bukan hanya membela dan menyembunyikan cela pemerintah dari kritik yang dilontarkan publik. Lembaga humas harus berperan sebagai jembatan antara berbagai kepentingan pemerintah dan rakyat. Untuk itu, perlu dibuka dialog antara kedua pihak tersebut. Selain itu, pemerintah juga perlu lebih mengembangkan kemampuan mendengarkan rakyat, alih-alih berbicara terus dan hanya ingin didengarkan. Melalui keterbukaan, dialog, dan kepekaan mendengarkan suara berbagai pihak, iklim komunikasi kondusif dapat dikembangkan sebagai wahana bagi penyelesaian berbagai masalah di daerah.

Keywords


Peran Humas, Otonomi Daerah

References


Abraham, Kathleen S. 1996. Communication at Work:

Listening, Speaking, Writing, and Reading. Englewood Clifs, NJ: Printice-Hall,.

Adam, Asvi Warman. 1999. “Solusi Politik bagi Soeharto.” Republika, 10 Juli 1999.

Adler, Ronald B., dan Jeanne M. Elmhorst.. 1996. Communication at Work: Principles and Practices for Business and the Professions. New York: McGraw-Hill.

Bennet, Milton J. 1996. “Mengatasi Kaidah Emas: Simpati dan Empati”, dalam Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat, ed., Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm. 72-95.

Buber, Martin. 1970. I and Thou. New York: Charles Scribner’s Sons.

Janis, Irving L. 1972. Victim of Groupthink: A Psychological Study of Foreign-Policy Decisions and Fiascoes. Boston: Houghton-Miffin.

Johannesen, Richard L. 1994. Ethics in Human Communication. Edisi ke-3. Prospect Heights, III.:

Waveland Pres

Deddy Mulyana. Merancang Peran Baru Humas dalam Pengembangan Otonomi Daerah

Kohanski, Alexander S. 1975. An Analytical Interpretation of Martin Buber’s I and Thou. Woodburry, NY: Barron’s Educational Series.

Tabah, Anton. 1999. “Nasihat Pak Nas dan Bung Karno.” Suara Merdeka.

Thill, John V. dan Courtland L. Bovee. 1996. Excellence in Business Communication. New York: McGraw-Hill, hlm. 39-58.

Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 1996a. Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. Buku Pertama. Terj.: Deddy Mulyana dan Gembirasari. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License