Konsep Marketing Public Relations di Tengah Pasar Global

Soeganda Priyatna

Abstract


Seringkali terjadi perusahaan kita (Indonesia) terhalang masuk pasar dunia, bukan karena pasarnya yang menolak, tetapi adanya kelompok penghalang yang disebut blocking Stakeholders. Negara-negara maju yang kapitalistik itu akan berusaha untuk menghambat produk negara sedang berkembang (Dunia Ketiga), memasuki pasar global dengan berbagai dalih mengendalikan pasar. Melihat fenomena di atas, sudah selayaknya digencarkannya kegiatan Marketing Public Relations, untuk produk, perusahaan, dan negara kita (Indonesia) menyertai usaha-usaha diplomatik (orientasi politik) yang selama ini dilakukan. Sudah saatnya pula seorang pejabat khusus di setiap kedutaan (KBRI) di mancanegara yang bertugas secara cermat, akurat dan efektif menangani kegiatan Public Relations yang terkait langsung dengan masalah-masalah marketing bagi produk-produk Indonesia di pasar global.

Keywords


Marketing Public Relations, Pasar Global

References


Cahyono, Bambang Tri. 1995. Manajemen Pemasaran. Jakarta: IPWI.

_____. 1995. Strategi Bisnis Internasional. Jakarta: IPWI.

Hifni, Alifahmi, (ed.). 1994. Marketing Public Relations. Jakarta: LM – FEUI.

Harris, Thomas L. 1991. The Marketer’s Guide to Public Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran , Analisis, Perencanaan Implementasi dan Organisasi. Jakarta: Lembag Penerbit FE – UI.

Naisbitt, John. 1994. Global Paradox. London: Nicholas Brealey Publishing.

Salvatore, Dominick. 1993. Managerial Economics. Singapore: McGraw - Hill, Internasional Editions.

Sjahrir. 1991. Analisis Ekonomi Indonesia. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License