The Identification of Persuasive Educational Message About Covid-19 Issue in New Media
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudi, R., Mokodompis, Y., & Magulili, A. N. (2020). STIGMA TERHADAP ORANG POSITIF COVID-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i2.6012
Abdullah, M. Q., Hayat, N., & Rahman, A. (2020). The Agenda Setting of Corona: Analysis of the Corona Dissemination Impact on the Community. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 141–155. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6302
Aida, N. R. (2020). 15 Negara dengan Kasus Kematian akibat Covid-19 Tertinggi, Indonesia Peringkat Berapa? https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/08/204500165/15-negara-dengan-kasus-kematian-akibat-covid-19-tertinggi-indonesia
Ainiyah, N. (2018). REMAJA MILLENIAL DAN MEDIA SOSIAL : MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENDIDIKAN BAGI REMAJA MILLENIAL. 2(April), 221–236.
Alodokter pilih TikTok untuk edukasi soal corona ke masyarakat. (2020). https://kesehatan.kontan.co.id/news/alodokter-pilih-TikTok-untuk-edukasi-soal-corona-ke-masyarakat
Amalliah dan Ria Yunita. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Dilingkungan Warga Palmerah Jakarta Barat. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Amrizarois, I., Rofiq, M., Na’im, M. A., & Rohman, I. A. (2020). Adaptasi Pendampingan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Strategi Virtual Outreach PKBI Kota Semarang. Jurnal Abdidas, 1(3), 157–164.
Ariessanti, H. D., Purwaningtyas, D. A., Soeparno, H., & Alam, T. (2020). Adaptasi Strategi Gamifikasi Dalam Permainan Ular Tangga Online Sebagai Media Edukasi Covid-19. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 9(2), 174–187. https://doi.org/10.36774/jusiti.v9i2.772
Aw, S. (2019). The failure of persuasive communication among social workers in mentoring street children. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(2), 161–175. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3502-10
Ayuningtias, A. Y. (2019). Peran Media Sosial Aplikasi Tik Tok Dalam Perilaku Anak Remaja Tingkat SMA (Studi Fenomenologi Pemakai Aplikasi TikTok Dikalangan Anak Remaja). Universitas Pasundan.
Bakhri, S., Dyatmika, T., & Kamal, M. R. (2020). Pengaruh Kemampuan Menggunakan Teknologi Komunikasi, Sosialisasi Media Pembelajaran Online, Dukungan Keluarga dan Pengajar Terhadap Keaktifan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. MEDIAKITA, 4(1). https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i1.2445
Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277
Bungin, B. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.
Burgon and Huffner. (2002). Human Communication. Sage Publication.
Cegah Virus Corona, TikTok Gandeng Kreator Untuk Edukasi. (2020). https://lifestyle.bisnis.com/read/20200401/254/1220813/Cegah-Virus-Corona-Tiktok-Gandeng-Kreator-Untuk-Edukasi
Devi, N. N. J. K., & Dharmawan, N. K. S. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP VIDEO KREATIF YANG DIUNGGAH PADA APLIKASI TIKTOK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG HAK CIPTA. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 9(4), 715-724.
Dyatmika, T., Bakhri, S., & Kamal, M. R. (2020). Kemampuan Siswa Dalam Menerima Informasi Hoax Covid-19. An-Nida: Jurnal Komunikasi …, 12(2). https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/viewFile/1611/1484
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Prenadamedia Group.
Fardiah, D., Rinawati, R., Darmawan, F., Abdul, R., & Lucky, K. (2020). Media Literacy for Dissemination Anticipated Fake News on Social Media. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 278–289. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6624
Farnas, A., & Gumelar, G. (2017). Efektivitas Persuasif Melalui Narasi Dan Bukti Statistik Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Produk Handphone. Jppp - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi. https://doi.org/10.21009/jppp.021.04
Green, M. C., & Clark, J. L. (2013). Transportation into narrative worlds: Implications for entertainment media influences on tobacco use. In Addiction. https://doi.org/10.1111/j.1360-0443.2012.04088.x
Husain, A. H. Al. (2020). Komunikasi Kesehatan Dokter dan Pasien Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 126. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3546
https://www.worldometers.info/coronavirus/, 2021. Covid 19 Coronavirus Pandemic
Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia. (2020).
https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-TikTok-terbanyak-di-dunia
James B. Stiff, & Paul A. Mongeau. (2016). Persuasive Communication. Guilford Press.
Justisiani, E. I. (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal Dan Komunikasi Nonverbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. EJurnal Ilmu Komunikasi.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Meredith, M. J. (2006). Book Review: Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction. Business Communication Quarterly. https://doi.org/10.1177/108056990606900217
Perloff, R. M. (2017). The dynamics of persuasion: Communication and attitudes in the 21st century. In The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century. https://doi.org/10.4324/9781315657714
Pratiwi, M. R. (2014). Peran ICT bagi Organisasi Media Massa dan Budaya Masyarakat. Jurnal Komunikator.
Pratiwi, M. R., Hapsari, S. A., & Yusriana, A. (2019). Refleksi Citra Universitas Dian Nuswantoro Melalui Unggahan di Akun @udinus_smg. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i2.104
Prianbodo, B. (2018). Pengaruh “TikTok” Terhadap Kreativitas Remaja Surabaya. Skripsi.
Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313
Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. (2020). https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia
Rumata, V. M. (2017). ANALISIS ISI KUALITATIF TWITTER “#TaxAmnesy” dan “#AmnestiPajak.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan. https://doi.org/10.31346/jpkp.v18i1.840
Saputra, R., Dhuatu, V. H., & Chantiq. (2020). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Mood Booster (the Usage of TikTok App To Increase Mood Level). Indonesian Fun Science Journal.
Supriadi, Y., Drajat, M. S., Saleh, N. L., R., A. S., & Huda, A. S. N. (2020). The Role of the West Java Indonesian Broadcasting Commission (KPID) in Preventing Citizen Panic Related to News and Information Regarding Covid-19. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 167–177. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6573
Sorrells, K., & Sekimoto, S. (2016). Globalizing Intercultural Communication: A Reader. Sage Publication. https://doi.org/https://www.doi.org/10.4135/9781483399164
Supratman, D. (2015). Dialog Dan Monolog Sebagai Unsur Persuasi Dalam Iklan. Jurnal Seni Rupa, 3(1), 19–26.
Susanti, Y., & Yanti, F. (2020). Analisis Jenis Kalimat Imperatif Dalam Novel Matahari Karya Tere Liye. JURNAL KANSASI, 5(2).
Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi.
Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). CV Jakad.
Wardhani, D. K., Susilorini, M. R., Angghita, L. J., & Ismail, A. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.33
Wibowo, A. (2020). Hadapi COVID-19, Gugus Tugas dan TikTok Bersatu Dukung Tenaga Kesehatan. https://covid19.go.id/p/berita/hadapi-covid-19-gugus-tugas-dan-TikTok-bersatu-dukung-tenaga-kesehatan
DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v14i1.7663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License